PERGESERAN TANAH DI IMOGIRI ANCAM ENAM RUMAH

Senin, 26 Januari 20151komentar



Fenomena alam tanah bergerak melanda Dusun Giriloyo Rt 06, Desa Wukirsari, Imogiri, Bantul. Tanah bergerak ini terjadi pada hari Kamis, 22 Januari 2015 pukul 23.00 Wib. Kapolsek Imogiri, Kompol Imam Santoso beserta Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul, Dwi Daryanto melakukan peninjauan di lokasi pergeseran tanah tersebut, Jum’at, 23 Januari 2015 pukul 10.00 Wib. Ikut serta dalam peninjauan tersebut, Danramil Imogiri, Kapten Armed Haryono dan Lurah Desa Wukirsari Bayu Bintoro, SE.

Pergeseran tanah yang terjadi telah mengancam rumah milik Bapak Bukhori. Pasalnya, di samping kiri dan kanan rumah tersebut tanahnya bergerak. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, Bapak Bukhori membongkar rumahnya dengan inisiatif sendiri. Pergeseran tanah tersebut juga mengancam lima rumah yang berada disekitar lokasi pergeseran tanah, dua berada di bagian atas rumah Bapak Bukhori dan tiga lainnya berada di bawahnya.

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul, Dwi Daryanto, sampai sekarang lokasi masih dinyatakan belum aman karena gerakan tanah masih mungkin bisa terjadi.

Pihaknya juga belum bisa menentukan apakah akan merelokasi warga yang rumahnya terancam atau tidak karena masih memerlukan kajian lebih lanjut.

“ Namun untuk sementara, kepada warga setempat yang terancam agar mengungsi terutama jika terjadi hujan lebat,” terang Kepala BPBD Kabupaen Bantul.

Kepala BPBD juga menambahkan, retakan tersebut tergolong baru karena sebelumnya belum pernah ada. Hanya saja sepekan lalu, berdasarkan informasi yang ia himpun di lapangan, memang sudah mulai timbul tanda-tanda tanah bergerak.

Sementara itu, Kapolsek Imogiri Kompol Imam Santoso, menghimbau kepada warga yang rumahnya terancam pergeseran tanah, agar tidak menempati rumah tersebut demi untuk keselamatan. Kapolsek menyarankan agar warga untuk sementara mengungsi ke lokasi yang lebih aman hingga lokasi pergeseran tanah dinyatakan aman untuk ditempati kembali. (Sihumas Imogiri)

Share this article :

+ komentar + 1 komentar

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger