BEDAH BUKU EKONOMI POLITIK PEMBANGUNAN DI UMY

Senin, 23 Februari 20150 komentar



Sabtu, 21 Februari 2015 pukul 09.00 Wib bertempat di Gedung AR Fachrudin B Kampus Terpadu UMY Jl. Ring road Barat, Tamantirto, Kasihan, Bantul telah berlangsung Bedah Buku Nasional yang berjudul "Ekonomi Politik Pembangunan" Karya Prof. H. M. Dawan Rahardjo Setebal 872 halaman. Kegiatan diselenggarakan Dalam Rangka Serangkaian Milad HIMIE (Himpunan Mahasiswa Ilmu Ekonomi) UMY KE -15.

Hadir dalam acara tersebut adalah Penulis buku "Ekonomi Politik Pembangunan" Prof. H.M. Dawam Raharjo, Kontributor buku/Wakil Ketua DPR RI 2014 -2019 Fadli Zon, SS, M.Sc, Kontributor buku / Peneliti Mubyarto Institute Tarli Nugroho, Rektor UMY Prof Bambang Cipto, Ma, Dekan Fak Ekonomi DR. Nano Prawoto, Dosen Ekonomi dan Koperasi Kampus UMY Drs. Hudiyanto dan peserta Mahasiswa Fakultas Ekonomi UMY sekitar 100 orang.

Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran dilanjutkan sambutan Dekan Fak. Ekonomi DR. Nano Prawoto yang menyampakan ucapkan terima kasih kepada Mahasiswa Ilmu Ekonomi yang telah Menyelenggarakan kegiatan tersebut serta Pihak yang telah Membantu Kegiatan tersebut. Bedah buku merupakan alat untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dan menambah wawasan terutama pada Mahasiswa.

Prof. H. M. Dawam Raharjo menyampaikan yang pada intinya

- Saat ini lmu Ekonomi Mengalami perubahan Menjadi NEO liberal dan Cara berpikir cenderung Secara Mikro Ekonomi.

- Pada Masa Bung Karno Industri kecil dan Koperasi telah berhasil, setelah itu pada orde Baru telah terbangun sistem ekonomi yang kuat karena di dukung oleh kelompok Cendikiawan, intelektual dan Teknokrat.

- Pemikiran dalam tulisan di buku ekonomi Politik Pembangunan tidak Menempatkan Modal Asing sebagai jalanya alternatif Ekonomi Pembangunan.

- Dalam pemikirannya, Prof. Dawam dikenal dengan pendekatan Struktural historisme dengan Teori Pembangunan Modernisasi yang menjelaskan bahwa kemiskinan dan tidak miskinan bangsa pada dasarnya disebabkan oleh faktor internal atau faktor yang terdapat di dalam negeri yang bersangkutan, sehingga diperlukan perbaikan kultural internal.

Fadli Zon,SS, M.Sc menyampaikan yang pada intinya

- Indonesia sangat tergantung pada kebijakan ekonomi dengan melihat sistem ekonomi yang dianut, karena sistem ekonomi dapat melahirkan kapitalisme atau liberal.

- Indonesia telah ditetapkan Mengenai sistem ekonomi yang Sesuai UUD Pasal 33 karena yang membedakan dengan Orientasi ekonomi Bangsa barat

- Adapun Orientasi Ekonomi yakni : Mencapai kebahagiaan rakyat dengan terpenuhi Pangan, Sandang  papan dan terjaminnya biaya Rumah sakit dan hari tua. Perdamaian Rakyat artinya Menyampaikan Gagasan / pendapat ekonomi secara bebas. Di Indonesia pada umumnya rakyat mencapai kesejahteraan dahulu baru berdemokrasi dengan Tri logi Pembangunanya yaitu ( stabilitas Nasional, pertumbuhan ekonomi, Pemerataan pembangunan)

- Pemikiran dalam buku tersebut telah melahirkan banyak Kader intelektual membangun organisasi intelektual, ekonomi dan politik tanpa dipisahkan yang mana ekonomi tergantung stabilitas politik.

- Buku Karya Prof. H. M. Dawam telah Memuat perjalanan pemikiran yang bermanfaat bagi kita, bangsa dan negara.

Tarli Nugroho menyampaikan yang pada intinya

- Pemikiran Pak Dawam adalah ilmu ekonomi yang dibutuhkan oleh negeri kita sendiri.

- Teori gagasan soal pembangunan alternatif dan historisme yang diterapkan olehnya sebagai ekonom Politik dan Ideologi menentukan tujuan kemudian ilmu yang akan menerima, bahwa sistem ekonomi yang sesuai dengan kondisi negara kita yakni Ekonomi Politik tunduk pada Ideologi bukan Ekonomi yang tunduk pada Teori.

- Dalam pemikirannya Ekonomi pembangunan Alternatif untuk Menjawab tantangan globalisasi.

- Hasil Pembangunan yang berbeda tidak bisa hanya mengubah kebijakan tapi menggunakan kerangka keilmuan untuk mengembangkan ekonomi Politik.

Drs. Hudiyanto menyampaikan yang pada intinya

- Pemikiran srtukturalis dapat diartikan secara sederhana yaitu hubungan antara dua pihak yang sifatnya tarik menarik, seperti Perusahaan dengan karyawan.

- Pak Dawam mulai bukan dari perguruan tinggi namun memulai dengan Menggeluti dunia LSM Melalui LP3ES. Lewat lembaga yang dirintisnya.

- Penulisan  buku ini di dapat dengan berinteraksi dan melihat langsung denyut ekonomi rakyat baik di kalangan industri kecil maupun kalangan pesantren.

Acara selanjutnya diisi dengan Sesi Tanya jawab dan ditutup dengan pemberian kenangan - kenangan oleh pihak Fak Ekonomi UMY kepada Prof. H.M. Dawam Raharjo.

Selama berlangsungnya acara di laksanakan pengamanan tertutub dan terbuka oleh personil Polsek Kasihan dan berakhir dalam keadaan aman tertib pada pukul 12,00 Wib. (Sihumas Sek Kasihan)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger