KAPOLSEK PAJANGAN HADIRI PERTEMUAN HUT PANDU TRIMANUNGGAL PAJANGAN

Jumat, 20 Februari 20150 komentar



Para Kepala Dukuh se Kec. Pajangan yang tergabung dalam Paguyuban Kepala Dukuh (Pandu) Tri Manunggal mengadakan pertemuan dalam rangka merayakan HUT Pandu Pajangan ke 9 Tahun 2015, Rabu, 18 Februari 2015 pukul 10.30 Wib bertempat di Warung Ingkung Kuali Dusun Kalakijo, Guwosari, Pajangan, Bantul.

Tema yang diusung dalam pertemuan Pandu Kec. Pajangan adalah “Dengan Undang-Undang Desa Untuk Memajukkan Masyarakat dan Pamong Desa”.

Hadir dalam acara tersebut Camat Pajangan Dra. Sri Kayatun, Sekcam Pajangan Bamabng Yuliono, SE, Kasitapem Kec. Pajangan Solehudin S.,SE, Kapolsek Pajangan AKP Riwanta, Danramil Pajangan Kapten Suyadi, Kanit Binmas Polsek Pajangan Iptu Muh. Sugeng, Lurah Triwidadi Slamet Riyanto dan para Kepala Dukuh se Kec. Pajangan, peserta pertemuan sejumlah ± 65 orang.

Ketua Pandu Kec. Pajangan H. Sareh Supandi (Kepala Dk. Kalakijo) dalam sambutannya menyampaikan bahwa Dukuh berkedudukan sebagai perangkat pembantu Kepala Desa dan unsur pelaksana penyelenggara pemerintah desa di wilayah dusun. Dukuh mempunyai tugas membantu Kepala Desa dalam menyelenggarakan pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan di wilayah kerjanya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Sebagai ujung tombak dari Pemerintah, semoga senantiasa diberikan kekuatan dan kelancaran dalam menjalankan tugas sehari-hari kita seabagai Dukuh,” Kata  H. Sareh Supandi.

Kepada para hadirin, H. Sareh Supandi menerangkan Paguyuban Pandu Pajangan berdiri pada tanggal 14 Februari 2006 di Kalakijo Guwosari Pajangan. Pandu ini merupakan wadah silaturohim para Dukuh di Pajangan dan meningkatkan kinerja para Kepala Dukuh di Pajangan.

H. Sareh mengharapkan agar kesejahteraan para Kepala Dukuh diperhatikan oleh Pemerintah, dengan adanya Undang-Undang Nomor 06 Tahun 2014 tentang Desa, kesejahteraan Dukuh mengalami penurun dan lebih sedikit dibawah UMR Kab. Bantul.

Sementara itu, Camat Pajangan Dra. Sri Kayatun dalam sambutannya mengucapkan selamat HUT Pandu Pajangan yang ke 9 ini semoga Pandu dapat menjadi tempat berkomunikasi untuk memecahkan permasalahan-permasalahan di wilayah masing-masing secara bersama-sama.

Camat Pajangan menambahkan, saat peresmian pasar tradisional di Sanden beberapa waktu yang lalu, menteri Koperasi dan UKM menyampaikan, nantinya penandatangan kredit mikro cukup Camat yang menandatangani dan rekomendasinya ditujukan ke BRI, dengan demikian pemberdayaan masyarakat akan semakin dekat.

Menyangkut  jumlah dana Anggaran Desa yang dinilainya cukup besar, Camat mengingatkan agar pengeloaan dana tersebut dapat pertanggungjawabkan, sehingga kita terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. “Para Dukuh harus mengetahui kebutuhan masyarakat yang mendesak seperti apa, diakimodir dan disampaikan ke Pemerintah Desa untuk direalisasikan,” ujar Camat Pajangan.

Camat pajangan juga mengharapkan , para Dukuh semua untuk berkoordinasi atau memberitahukan kepada Pemerintah Kecamatan Pajangan sehingga pembangunan tidak tumpang tindih dan dapat sesuai kebutuhan masyarakat.

Lurah Triwidadi dalam kesempatan tersebut menambahkan para Dukuh merupakan ujung tombak dalam pembangunan. Pendataan KK miskin ada perbedaan karena ada indikator yang berbeda. Akhir-akhir ini dimungkinkan ada fenomena masyarakat yang senang di data miskin atau miskin motifasi, agar mendapatkan bantuan. Untuk itu kita harus memotifasi masyarakat agar tidak merasa miskin lagi.

Lurah Desa Triwidadi juga mengharapkan agar setiap pengajuan proposal di kumpulir di Desa sehingga dalam pengajuan dapat bersama-sama dan nantinya dalam pembangunan ada pemerataan terutama di lingkungan Pedukuhan masing-masing. “Berkaitan dengan kesejahteraan Pamong Desa yang kemarin melalui Kabupaten dan sekarang harus melalui ADD harus kita sikapi bersama, Kepala Dukuh jangan sampai menurun kinerjanya, kita harus mempunyai niat untuk mengabdi  dan beribadah ke masyarakat,” tutup Lurah Triwidadi.

Dalam pertemuan ini, dilakukan pula pemberian tali asih kepada para Dukuh yang telah memasuki purna tugas, diantaranya untuk alm. Bpk. Abu Kepala Dukuh Iroyudan, Bpk. Ngadirin Kepala Dukuh Plambongan dan Kepala Dukuh Kabrokan Wetan Bpk. Amad kismadi.
 
Selesai melaksanakan diskusi, Camat Pajangan berkesempatan untuk melakukan pemotongan tumpeng, tanda HUT Pandu Kec. Pajangan ke 9 Tahun 2015. hingga selesainya acara Pandu Kec. Pajangan berakhir dalam keadaan aman kondusif. (Sihumas Pajangan)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger