MUSRENBANG TINGKAT KECAMATAN PUNDONG

Rabu, 25 Februari 20150 komentar



Kamis, 12 Februari 2015 Kapolsek Pundong menghadiri giat Musrenbang tingkat Kecamatan Pundong bertempat di Gedung BRTPD Kecamatan Pundong dengan susunan acara sebagai berikut :

1. Menyanyikan Lagu Indonesia dipimpin oleh Sulistyaningsih

2. Sambutan camat sekaligus membuka Musrenbang Tingkat Kecamatan Oleh Camat Pundong Drs. Sukrisna Dwi Susanta ,M Si.

3. Pengarahan / Pembekalan Ketua Tim Kabupaten tentang Kebijakan Pembangunan Tahun 2016 disampaikan Oleh Staf Ahli Bupati Bantul Bapak Maman Permana

Sambutan camat antara lain menyampaikan Evaluasi Pelaksanaan Pembangunan yang telah dicapai pada tahun 2014 dan yang belum tercapai dan yang perlu dikerjakan di tahun 2015 dan perencanaan tahun 2016.

Kami atas nama seluruh masyarakat Pundong mengucapakan terimakasih yang tidak terhingga kepada Bapak Gubernur dan Ibu Bupati serta Dinas Instansi yang memfasilitasinya atas dibangunnnya jembatan Soka yang menghubungkan dua Desa yang sudah puluhan tahun dinanti-nantikan masyarakat.

Dengan nilai PBB se kecamatan Pundong tahun 2014 kurang lebih 500 juta dibandingkan dengan anggaran jembatan senilai 15 milyar, dengan asumsi PBB dipakai untuk jembatan maka dimungkinkan 30 tahun lagi baru terwujud pembangunan jembatan itu yaitu tahun 2044.

Sebagaimana kita ketahui bahwa seiring telah dibangunnya jembatan Soka tersebut maka telah memberikan efek positif yaitu berupa peningkatan perekonomian masyarakat Pundong. Peningkatan itu dapat terlihat dari bertambahnya warung-warung makan baru dan meningkatnya volume kendaraan yang melewati ruas jalan antara jembatan sampai dengan sempalan jalan Parangtritis. Juga seiring dengan itu memperpendek jarak tempuh warga masyarakat Desa Seloharjo ke Ibukota Kecamatan juga ke Kab Bantul maupun ke Jogjakarta baik yang belajar, bekerja dan berdagang.

Maka dari itu kami juga mengusulkan kepada Ibu Bupati melalui Bapak Kepala Bappeda bahwa sudah sepatutnya Desa Seloharjo dihapuskan dari Desa sangat tertinggal menjadi Desa Maju atau Desa tertinggal saja, yang jelas kata-kata sangatnya dihilangkan.

Perlu kami sampaikan pada bapak ibu tamu undangan warga dan tokoh tokoh  masyarakat pundong bahwa sudah saatnya pelaksanaan musrenbang mulai menggairahkan karena beberapa usulan di tahun 2014, tahun 2015 banyak yang terakomodir. Kegiatan kegiatan yang akan dikerjakan di tahun ini adalah ebagai berikut :

1. Pekerjaan konstruksi jaringan irigasi DI Tapangan dan DI Klegen dengan nilai 450 juta Desa Panjangraejo

2.Pekerjaan Jaringan Irigasi Afvour Colo Desa Panjangrejo satu paket dengan Afvour Depok parangtritis senilai 500 juta
3.Pekerjaan Jaringan Irigasi Afvour Timbang II Desa Srihardono, satu paket dengan Afvour Tegal Tapen Tirtosari Kretek senilai 500 juta

4. Rehabilitasi Saluran penguras dan pembuang Irigasi Desa Panjang (2 DI) senilai 90 juta

5.Pengadaan bahan utk pekerjaan pemeliharaan secara swakelola DI Klegen Desa Pjrejo senilai 80 juta

6.Pembuatan DED pasar Pundong Srihardono 7.Pekerjaan konstruksi Jaringan Irigasi Afvour Dempet Desa Srihardono satu paket dg Afvour Karangbajang Mulyodadi senilai 500 juta

8.Pengadaan Konstruksi Jaringan Irigasi Air Limbah Komunal Pundong senilai 150 jt

9.Pembangunan Jalan lingkungan di Kecamatan Pundong paket 27 senilai 1,1 milyar

10.Pembangunan Jl lingk kecamatan Pundong paket 28 senilai 550 juta

11. Pembangunan Jl lingk kecamatan Pundong paket 28 senilai 1 milyar

12.Pemasangan Lampu Penerangan Jalan sebanyak 18 titik Sehingga utk keseluruhan pekerjaan konstruksi kurang lebih senilai 5.730.000.000, suatu angka yg fantastis. Ini yang bersifat pekerjaan fisik sedangkan kegiatan lain yang menyangkut pelatihan, SLPTT, padat karya, fasilitasi pengembangan UKM, penanganan PMKS, PMTAS dan kegiatan peningkatan kesejahteraan lainnya nilainya juga banyak dan tidak mungkin kami sampaikan satu persatu karena sangat menyita waktu.

Beberapa hal yang menumbuhkan motivasi dan menggairahkan dalam musrenbang tahun ini yaitu bilamana usulan yang bernilai dibawah 50 juta tidak bisa diakomodir Kabupaten maka bisa di akses dari dana ADD Desa dengan asumsi berdasarkan musyawarah antara Lurah Desa, perangkat Desa, tokoh tokoh masyarakat, Lembaga lembaga Desa dan BPD.

Bapak Ibu yang kami hormati terkhusus kepada Tim Kabupaten Bantul, mohon perhatian dan perkenannya kami mengusulkan beberapa kegiatan yang kami anggap strategis untuk tahun anggaran 2016 yaitu sebagai berikut :

1.Pelebaran jalan selebar 7 m pada ruas jalan dari Pertigaan / sempalan Jl Parangtritis sampai jembatan Soka. Alasan utamanya adalah sempitnya jalan bilamana dilalui kendaraan bertonase besar seperti truk maupun bus, meningkatnya volume kendaraan akhir-akhir ini dan kemungkinan rekayasa lalulintas apabila terjadi kemacetan di jalan parangtritis pada saat musim liburan.

2.Pemasangan Lampu penerangan Jalan dari Pertigaan/sempalan Jalan Parangtritis menuju ke Ibukota Kecamatan. Yang menjadi persoalan adalah dari sempalan sepanjang 500 m adalah wilayah Kecamatan Jetis. Dalam hal ini kami sudah membuat surat kepada Camat Jetis untuk diusulkan dalam Musrenbang Kecamatan Jetis.

3. Peningkatan jalan di bulak Candi Srihardono sampai Monggang Panjangrejo sepanjang 1.000 m. Jalan ini adalah jalan tanah dan kalau hujan sulit dilalui juga termasuk kowar karena bulak sebelah utara adalah milik Desa Srihardono dan sebelah selatan jalan milik Desa Panjangrejo.

4. Pembangunan Ruang Rawat Inap Puskesmas seiring dengan meningkatnya pasien pasca BPJS. Sekarang banyak masyarakat yang mudah berkunjung ke puskesmas bahkan kecetit, flu ringan, pegel dan mriang langsung pergi ke puskesmas (krn mereka sdh berkontribusi BPJS tiap bulannya).

Mohon maaf kalau lama tidak diakomodir Pak Dokter mau lari ke perusahaan rokok Djarum mencari donator utk pembangunan puskesmas (sehingga nanti gambar di bungkus rokok bisa berubah dari gambar kanker mulut menjadi gambar gedung puskesmas)

5.Pembangunan Gedung UPT PPD yang selama ini menggunakan bekas gedung SD Karanggayam yang kurang representative. Mohon bisa dibangunkan di kantor lama bekas UP PPD sebelah selatan koramil pundong, sehingga koordinasi antar instansi akan lebih dekat.

Demikian yang dapat kami sampaikan, apabila dalam penyambutan dan penyelenggaraan terdapat kesalahan dan kurang berkenan kami mohon maaf yang setulus-tulusnya.

Sidang Kelompok dibagi menjadi 4 Kelompok disampaikan oleh Moderator. Kelompok 1 Bidang Pemerintahan Dipimpin oleh Kasi Pemerintahan Jhon Amrulah. SH, Kelompok 2 Bidang Kesejahteraan Rakyat dipimpin Oleh Kasie Kemasyarakatan Drs. Tri Iriyanto. Kelompok 3 Bidang Ekonomi dipimpin Oleh Kasie Ekbang dan LH Sunarjo SE. Kelompok 4 Bidang Sarana Prasarana dipimpin Oleh Sekcam Agus Riadmadi M Si dan Kasie Trantib Sukiswanto. SE.

Acara ditutup dengan doa dan berakhir dalam keadaan aman tertib. (Sihumas Sek Pundong)
Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger