UPACARA PENCANANGAN BULAN FEBRUARI SEBAGAI BULAN PEDULI SAMPAH

Senin, 23 Februari 20150 komentar



Senin, 23 Februari 2015 pukul 08.00 wib, di lapangan Jodog Gilangharjo Pandak Bantul berlangsung upacara pencanangan bulan Februari sebagai Hari Peduli Sampah Tingkat Kabupaten Bantul 2015 dalam rangka persiapan Adipura Tahun 2015 dengan tema “ Kita Wujudkan Bantul Meraih Adipura 2016  “.

Upacara dikuti antara lain Muspika Kecamatan Pandak, KUA, Puskesmas Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Perwakilan SMU / SMK, SMP ,SD se Kecamatan Pandak.

Kepala Badan lingkungan Hidup Kabupaten Bantul Bapak Drs. Edi Susanto sebagai irup dalam sambutanya menyampaikan sampah merupakan permasalahan lingkungan hidup yang sangat serius untuk kita tangani. Penanganan sampah secara konvesional belum mampu mengendalikan sampah yang ada. Padahal sampah yang tidak ditangani secar baik dapat menyebabkan kesan kumuh, lingkungan kotor, menyebabkan pencemaran, bau yang tidak sedap bahkan dapat menyebabkan menurunnnya derajat kesehatan masyarakat

Lebih lanjut dikatakan paradigma lama mengenai pengelolaan sampah yaitu “kumpul-angkut-buang” ke tampat Pembuangan Akhir Sampah sudah harus ditinggalkan. Paradigm baru sesuai Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 tentang pengelolaan sampah, memandang bahwa sampah sebagai sumber daya yang mempunyai nilai ekonomis dapat dimanfaatkan kembali, seperti untuk energy, kompos dan berbagai kerajinan yang mempunyai nilai ekonomis tinggi. Sehingga dalam penanganan sampah jadi “kumpul-pilah-olah-angkut-buang”, jadi yang dibuang benar-benar sudah tidak dipakai atau manfaatkan sama sekali.

Puncak acara Bulan Perduli Sampah sendiri telah diselenggarakan pada hari Sabtu 21 Februari 2015 di Lapangan Denggung Kab. Sleman Yogyakarta yang dicanangkan oleh Gubernur DIY denga Tema “Gropyok Sampah” (gotong Royong Membangun kepedulian terhadap sampah ).

Upacara yang dimaksudkan untuk menyadarkan masyarakat khususnya generasi muda tersebut diikuti beberapa SMP yang merupakan binaan Adiwiyata, dilanjutkan dengan sosialisasi, aksi pungut sampah di jalan dan sosialisasi kepada masyarakat pengguna kendaraan di jalan.

Selain itu juga merupakan langkah awal meraih Adipura untuk tahun 2015/2016 yang sejak 13 tahun silam tidak diperoleh. Adipura merupakan penghargaan tertinggi terhadap kabupaten/kota yang dapat mewujudkan daerahnya yang bersih, hijau, asri, indah , tertata, rindang, teduh dan menyejukkkan.

Setelah kegiatan Apel selesai acara di lanjutkan dengan acara memungut sampah plastik serta mengumpulkan di SMPN I Pandak Bantul oleh para peserta apel dari lapangan Jodog ke timur, perempatan Palbapang ke utara, Sumuran ke barat, ke selatan finish di SMPN I Pandak Bantul.

Selama berlangsungnya kegiatan personil Polsek Pandak mengadakan pengamanan hingga acara berakhir pada pukul 10.00 Wib dalam keadaan aman tertib. (Sihumas Sek Pandak)
Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger