SHOLAT BERJAMAAH PAHALANYA BERLIPAT 27 DERAJAT

Kamis, 26 Maret 20150 komentar



Selesai apel pagi, Kapolsek Bantul KOmpol Fajar Pamuji, SH beserta anggotanya yang Bergama islam melaksanakan pengajian rutin Kamis pagi di Musholla Al Ijtihad Komplek Polsek Bantul, Kamis 26 Maret 2015.

Sebagai penceramah dalam pengajian tersebut adalah KH. Muchsin Pengasuh Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiat Tajeman, Palbapang Bantul.

KH. Muchsin dalam ceramahnya menyampaikan tentang sholat berjamaah. Beliau mengatakan, yang dinamakan sholat jamaah adalah pertalian atau persambungan yang bisa wujud antara imam dan makmum. Paling sedikit jamaah adalah dua orang. Sholat jamaah pertama kali dilakukan di Makah pada waktu subuh setelah peristiwa isro’ mi’roj, tetapi dilakukan secara terbuka ketika nabi berada di Madinah setelah nabi hijrah ke Madinah.

Keutamaan sholat jamaah banyak sekali, dianataranya pahalanya berlipat 27 derajat, artinya orang yang melaksanakan satu sholat dengan berjamaah diberi pahala seperti sholat sendiri lipat 27 derajat. Diberi pahala 50 derajat bagi orang yang bepergian dan tetap melaksanakan sholat berjamaah di perjalanan. Orang yang berangkat sholat jamaah pahalanya seperti orang yang berangkat haji. Orang yang sholat berjamaah yang bisa menemukan takbirotul ihrom imam selama 40 hari akan dibebaskan dari neraka dan sifat munafik maupun sifat tercela lainnya.

Tindakan para ulama’ ketika tidak bisa mengerjakan sholat berjamaah, para ulama salaf menganggap jika tidak bisa melaksanakan sholat berjamaah termasuk musibah besar. Sebagian ulama ada yang menyedekahkan kebun kurma bagi fakir miskin karena tidak berjamaah sholat asyar.

Di akhir ceramahnya KH. Muchsin mengajak kepada seluruh anggota Polsek bantul yang beragama islam agar selalu melaksanakan sholat fardhu secara berjamaah di masjid atau musholla apabila tidak ada uzdur. Pengajian ditutup dengan doa dan berakhir jam 09.30 wib berjalan aman dan tertib. (Sihumas Sek Bantul)
Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger