KABID HUMAS POLDA DIY MENGAMBIL APEL PAGI DI POLRES BANTUL

Rabu, 11 Maret 20150 komentar



Kabid Humas Polda DIY, AKBP Anny Pudjiastuti, mengambil apel pagi anggota Polres Bantul, Rabu, 11 Maret 2015 pukul 07.00 Wib bertempat di halaman Polres Bantul.

Bertindak sebagai Komandan Apel adalah Kasubbag Dal Ops Bag Ops Polres Bantul, AKP Sumanto, SH. Apel pagi diikuti oleh Waka Polres Bantul Kompol Andri Siswan Ansyah, SIK, para Kasat ,para Kasi Humas Polsek Jajaran, para Perwira Polsek Jajaran, seluruh personel dan PNS Polri Polres Bantul.

Dalam arahannya, Kabid Humas Polda DIY menyinggung tentang tugas  Kehumasan Polri. Menurutnya, tugas Humas Polri adalah menyajikan informasi ke publik dan dalam pelaksanaan tugasnya Humas Polri harus bersinergi dengan  media massa. “Mengapa harus media massa, karena media massa memiliki peranan penting dalam membentuk opini publik. Sehingga hal-hal yang diberitakan ke publik, akan berdampak ke berbagai aspek kehidupan dalam masyarakat,” terang Kabid Humas.

Kabid Humas juga menambahkan, bagaimana cara Humas Polri mampu menciptakan opini publik? “Menciptakan opini publik bukanlah perkara mudah, kendati demikian kita harus tetap berusaha. Salah satu caranya adalah dengan mempublikasikan berbagai prestasi yang dilakukan oleh Polri, seperti keberhasilan mengungkap kasus, atau memberitakan berbagai terobosan-terobosan dan kegiatan-kegiatan Polri yang dapat meningkatkan citra Polri dimata masyarakat,” lanjut Kabid Humas.

Kabid Humas menceritakan, bahwa beberapa waktu lalu beliau melaksanakan studi banding ke Korean National Police Agency (KNPA) atau Kepolisian Korea Selatan. “Kepolisian di Korea Selatan, tidak lagi menargetkan peningkatan citra mereka di mata masyarakat. Akan tetapi mereka mengejar trust atau kepercayaan masyarakat terhadap Polisi. Untuk mendapatkan kepercayaan dari masyarakat, mereka menggunakan strategi dengan mempublikasikan atau mengupload pemberitaan tentang Polisi-Polisi penolong ke media sosial,” papar Kabid Humas.

Tidak berniat membandingkan dengan Kepolisian di Korea Selatan, Kabid Humas Polda DIY meminta kepada seluruh peserta apel, apabila melihat atau menemui kejadian apapun yang berhubungan dengan aksi seorang Polisi yang heroik di lapangan, hendaknya direkam atau difoto menggunakan HP masing-masing. Kemudian hasilnya diposting ke media sosial seperti facebook, you tube dan lain lain. “Mengapa saya memilih media sosial? Karena media sosial merupakan media yang paling mudah diakses. Sehingga hal ini diharapkan akan efektif untuk meningkatkan citra Polri di mata masyarakat,” tegas Kabid Humas.

Dalam kesempatan ini Kabid Humas Polda DIY juga menyampaikan, bahwa saat ini telah diberlakukan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Undang-undang ini dirancang sebagai alat kontrol penyelenggaraan Negara atau Badan Publik agar penyelenggaraan Pemerintahan/Badan Publik menuju pengelolaan yang bersih, transparan dan akuntabel. Sehingga kepercayaan masyarakat meningkat dan akhirnya partisipasi mereka meningkat. Undang-undang Keterbukaan Informasi Publik ini memberikan kebebasan masyarakat untuk mengakses informasi yang seluas-luasnya baik mengenai kebijakan Pemerintah atau Badan Publik maupun penyelenggaraan pemerintahan.

Diakhir arahannya, Kabid Humas PoldaDIY menyampaikan pesan bahwa media massa merupakan partner Humas Polri dalam melaksanakan tugas. Oleh sebab itu beliau meminta agar kita menjaga hubungan yang harmonis dengan media massa.

“Saya menghimbau kepada seluruh anggota Polres Bantul dan jajarannya, supaya memiliki rasa tanggung jawab moral terhadap pelaksanaan tugas sehari-hari,” tutup Kabid Humas PoldaDIY.

Selesai apel pagi dilanjutkan arahan kepada para Kasi Humas Polsek jajaran Polres Bantul di aula Polres Bantul oleh Kabid Humas tentang tugas tugas pokok kehumasan hingga acara selesai dalam keadaan aman tertib. (Bag Humas Res Bantul)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger