PENGAJIAN RUTIN KAMIS PAGI DI POLSEK BANTUL

Senin, 09 Maret 20150 komentar



Kamis, 5 Maret 2015 pukul 08.15 Wib bertempat di Masjid Al Ijtihad Polsek Bantul dilaksanakan giat Yasinan serta binroh yang diikuti oleh anggota Polsek Bantul. Sebagai pembicara Ustadz Muchsin dari Ponpes Hidyatul Mubtadi’at Tajeman, Palbapang, Bantul.

Dalam kesempatan tersebut hadir Kapolsek Bantul Kompol Fajar Pamuji, SH. Acara didahului dengan pembacaan Surat Yasin bersama-sama yang kemudian dilanjutkan dengan tausiyah yang disampaikan oleh Ustadz Muchsin tentang Sujud Sahwi.

Menurut Ustadz Muchsin, Sujud Sahwi merupakan amalan yang dikerjakan oleh seseorang, apabila seseorang tersebut lupa dalam sholatnya. Penyebab dilakukannya Sujud sahwi ada tiga yaitu menambahkan sesuatu (az-ziyaadah), menghilangkan sesuatu (an-naqsh), dan dalam keadaan ragu-ragu (asy-syak) di dalam Sholat.

Hal ini sesuai dengan Hadist Rosulalloh SAW dari Abu Hurairah yang diriwayatkan oleh Bukhari Muslim yang berbunyi “Apabila adzan dikumandangkan, maka setan berpaling sambil kentut hingga dia tidak mendengar adzan tersebut. Apabila adzan selesai dikumandangkan, maka ia pun kembali. Apabila dikumandangkan iqomah, setan pun berpaling lagi. Apabila iqamah selesai dikumandangkan, setan pun kembali, ia akan melintas di antara seseorang dan nafsunya. Dia berkata, “Ingatlah demikian, ingatlah demikian untuk sesuatu yang sebelumnya dia tidak mengingatnya, hingga laki-laki tersebut senantiasa tidak mengetahui berapa rakaat dia shalat. Apabila salah seorang dari kalian tidak mengetahui berapa rakaat dia shalat, hendaklah dia bersujud dua kali dalam keadaan duduk.”

Kegiatan pengajian dari Ustadz Muchsin diikuti secara  seksama oleh anggota Polsek Bantul. Dalam kesempatan ini Ustadz Muchsin juga menyediakan waktu sesi tanya jawab dengan anggota. Kesempatan ini tidak disia-siakan oleh anggota untuk bertanya mengenai masalah fiqih terutama fiqih yang berhubungan dengan sholat.

Kegiatan binrohtal berakhir pada pukul 09.30 Wib dengan situasi aman dan terkendali. (Sihumas Sek Bantul)
Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger