PERINGATI HARI AIR SEDUNIA DIADAKAN KIRAB BUDAYA MAPAK TOYO DI DESA TIMBULHARJO SEWON

Kamis, 26 Maret 20150 komentar



Dalam rangka mendukung dan kelancaran kegiatan Kirab Budaya Mapak Toyo dalam rangka memperingati hari Air sedunia, Kapolsek Sewon mengerahkan anggotanya melaksanakan pengamanan jalur dan pengawalan terhadap kegiatan tersebut, Rabu, 25 Maret 2015.

Kirab Budaya Mapak Toyo satrt dari Balai Desa Timbulharjo, menuju Bendungan Kemiri Timbulharjo Sewon, Bantul yang bertujuan untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya air dan lingkungan,

Tradisi ini baru pertamakali dilakukan setelah kondisi lingkungan terutama irigasi untuk pengairan sawah semakin memprihatinkan lantaran dipenuhi sampah.

Tradisi Mapak Toya yang diartikan sebagai kegiatan menjemput air untuk mengairi sawah pada awal musim tanam, merupakan rangkaian peringatan Hari Air Sedunia. Dalam prosesinya, Mapak Toya diawali dengan kirab 17 bregodo pembawa gunungan berisi nasi wiwit serta hasil bumi berupa sayur-mayur dan buah-buahan.

Saat ini, lahan pertanian di Timbulharjo mencapai 500 hektar, sementara seluruh Bantul sekitar 13.000 hektar dengan hasil panen sekitar 7,5 ton per hektar. Dengan upaya pembersihan saluran irigasi, diharapkan hasil panen para petani bisa meningkat.

Hadir dalam kegiatan Mapak Toyo tersebut  Wakil Bupati Bantul Drs H Sumarno PRS, Kepala Balai Besar  Wilayah Sungai Serayu dan Opak,Kapolsek Sewon Kompok Heru Setiawan, Komandan Rayon Militer Kecamatan Sewon Kapten Arhanut Asil H,  Kepala Dinas Instansi dan Lingkungan Hidup Propinsi DIY dan Kab Bantul, Gapoktan, dan pengurus GP3A

Di akhir acara, Wakil Bupati Bantul Drs H Soemarno PRS secara simbolis membuka pintu air Bendung Kemiri. Setelah ini, air dari irigasi bisa dimanfaatkan petani untuk mengairi sawah. (Sihumas Sek Sewon)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger