PESTA PANEN PASAR EKSPRESI SALAM

Rabu, 18 Maret 20150 komentar



Selasa, 17 Maret 2015 pukul 09.00 Wib bertempat di Sanggar Anak Alam (Salam), Nitiprayan, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul telah dilaksanakan serangkaian kegiatan sarasehan budaya dan pesta panen “ Wiwit “ dengan mengambil tema “Merawat Tradisi Menjaga Jati Diri“.

Dalam rangkaian kegiatan pesta panen Wiwit juga akan diselenggarakan kegiatan pasar ekspresi Salam sebagai sarana mengutamakan pangan lokal dan pangan sehat bagi keluarga Salam, warga masyarakat sekitar dan masyarakat umum.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh penyuluh desa Ngesti Makmur bekerjasama dengan perkumpulan Salam dengan ketua panitia Bapak Isdewanto. Kegiatan ini dihadiri oleh Bapak Antonius Jemiran (Balai Penyuluhan Pertanian), Ibu Sri Wahyuningsih (Ketua Perkumpulan Salam), Bapak Haryanto (Komunitas Kanjeng) serta para guru dan siswa sekitar 80 Orang.

Kegiatan saresahan budaya dan pesta panen Wiwit diawali dengan Workshop pertanian dan ketahanan pangan lokal dari Balai Penyuluh Pertanian Kismo Raharjo oleh Antonius Jemiran. Antonius Jemiran menyampaikan tentang pentingnya pertanian di lingkungan sekolah atau adanya kebun sekolah sebagai pembelajaran. Diharapkan kepada para peserta workshop agar meningkatkan pola hidup yang baik dengan memakan pangan lokal yang sehat dan bergizi seperti sayur dan buah.

Kemudian pada jam 15.00 Wib dilaksanakan sarasehan “ Budaya  Wiwit - Tradisi dan Relevansi”, perbincangan tentang tradisi wiwit dari sudut pandang budaya dan agama yang berakhir pada pukul 16.30 Wib.

Selanjutnya pada hari Rabu, 18  Maret 2015 jam 08.30 hingga  10.00 Wib akan dilaksanakan pesta panen wiwit yaitu sebuah tradisi yang mulai pudar dan dilupakan sebagai salah satu upaya menggali makna dan pembelajaran dari tradisi tersebut dan akan dipadukan dengan lantunan gejog lesung yang sudah lama tidak terdengar.

Dilanjutkanpada jam 10.00 – 16.00 Wib juga akan digelar Pasar Ekspresi Salam yaitu sebuah kegiatan yang memadukan antara kampanye pangan sehat serta pemberian ruang berekspresi bagi anak-anak maupun komunitas. Selama kegiatan ini berlangsung Kapolsek kasihan akan menerjunkan personilnya untuk melakukan pengamanan demi kelancaran dan keamanan kegiatan tersebut. (Sihumas Sek Kasihan)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger