POLSEK SEDAYU BANTU WARGA JURUG PERANGI HAMA TIKUS

Selasa, 24 Maret 20150 komentar



Lahan pertanian seluas 14,7 hektare di Dusun Jurug, Desa Argosari, Kecamatan Sedayu mangkrak. Sudah empat tahun lebih para petani di dusun tersebut enggan menanami lahannya karena selalu saja gagal panen.

Pasalnya, setiap kali menanami lahan tersebut, tanaman mereka habis dimakan hama tikus. Hal ini tentu saja membuat warga menjadi sangat frustasi. Hama tikus benar-benar telah menjadi kendala utama bagi pengembangan pertanian di dusun tersebut. Masalah tikus telah menjadi permasalahan luar biasa yang belum dapat terselesaikan.

Oleh sebab itu, pada hari Minggu, 22 Maret 2015 pukul 08.00 Wib dilakukan upaya pemberantasan hama tikus dengan pengasapan di Dusun Jurug, Desa Argosari, Kecamatan Sedayu. tepatnya di bulak sawah Jangkrikan.

Kegiatan pemberantasan ini terselenggara berkat kerjasama antara pihak Dinas Pertanian dan Kehutanan Kab. Bantul dengan Kodim 0729 Bantul, Polsek Sedayu, Koramil Sedayu, Gapoktan setempat dan warga masyarakat Dusun Jurug. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Kab. Bantul Partogi Dame Pakpahan, BE, SE, M.Si, Anggota DPRD Kabupaten Bantul Widodo, Amd, Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan Ir. Pulung Haryadi, M.Sc, Pasi Teritorial Kodim 0729 Bantul Kapten Kusmin, UPTD BPTD DIY yang diwakili KSPP Kab. Bantul Ir. Sinung Rusti Jarwo, Msi, Camat Sedayu, Danramil Sedayu, Kapolsek Sedayu yang diwakili Panit II Sabhara Ipda Edi Suyanta, anggota Bhabinkamtibmas dan Babinsa Desa Argosari.

Kegiatan ini merupakan salah satu realisasi hasil dari Musrenbang Kecamatan Sedayu pada 24 Februari 2015 lalu. Kala itu, Danramil Sedayu Kapten Stafanus menyatakan kesanggupan dalam mengupayakan bantuan tenaga dari personel TNI Angkatan Darat, untuk membantu warga dalam memberantas hama tikus di Dusun Jurug.

Selain berpartisipasi langsung dalam giat ini, Polsek Sedayu juga juga menerjunkan anggotanya untuk melakukan pengamanan dan pengaturan arus lalu lintas disekitar lokasi kegiatan demi untuk menjaga keamanan dan kelancaran kegiatan ini.

Menurut Kasihumas Polsek Sedayu, Ipda Agus Supraja, dalam giat ini belum didapatkan adanya tikus yang berhasil ditangkap/ dibasmi karena baru melakukan pengasapan pada lubang-lubang rumah tikus. Kasi Humas juga menambahkan, bahwa pada tanggal 29 Maret 2015 nanti akan diadakan kegiatan lanjutan berupa pemberantasan hama tikus dengan cara ditangkap. (Sihumas Sek Sedayu)  

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger