WIWITAN DAN GELAR BUDAYA DI DUSUN SUKORAME DLINGO

Rabu, 18 Maret 20150 komentar



Personil Polsek Dlingo mengamankan giat tradisi Wiwitan dan gelar budaya di dusun Sukorame, Mangunan, Dlingo, Bantul, Selasa, 17 Maret 2015 pukul 13.00 Wib. Tradisi Wiwitan yaitu upacara memulai panen padi yang merupakan tradisi turun temurun warisan nenek moyang sebagai bentuk syukur atas hasil panen yang melimpah.

Wiwitan dan gelar budaya dihadiri Bupati Bantul Hj Sri Surya Widati, perwakilan Dinas Kebudayaan DIY, Wardoyo SSn, Camat Dlingo Susanto, Kapolsek Dlingo AKP S Parmin, Komandan Koramil Dlingo Kapten Inf Surono, Toga, Tomas dan warga sekitar.

Dalam sambutanya, Bupati Bantul mengatakan, digelarnya tradisi wiwitan itu menjadi bukti masyarakat Sukorame masih teguh menjaga budaya lokal. “Momentum ini menjadikan bukti nyata  masyarakat Sukorame terus mendorong agar selalu menghormati budayanya sendiri,” katanya.

Proses wiwitan dimulai ketika bregada berangkat dari Rumah Kepala Dusun Sukorame Sumardi menuju panggung utama di rumah Subidi. Setelah itu iring-iringan dilanjutkan menuju lokasi kenduri dengan Bupati Bantul Hj Sri Surya Widati berada dibarisan terdepan. Setelah itu doa dan penjelasan tentang tradisi wiwitan disampaikan Rais Dusun Sukorame  Kamijo.

Setelah selesai, dilanjutnya dengan pemotongan satu rumpun padi oleh bupati Bantul dan rombongan. Rumpun tersebut kemudian dimasukkan ke dalam lumbung. Sejumlah hasil bumi disajikan dalam wiwitan itu, mulai  nasi, ingkung,  nasi gudangan serta hasil bumi lainnya. Acara berakhir dalam keadaan aman tertib. (Sihumas Sek Dlingo) 
 
Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger