DUSUN KADIRESO DICANANGKAN SEBAGAI KAWASAN DILARANG MEROKOK

Rabu, 22 April 20151komentar



Camat Pajangan Dra. Sri Kayatun mencanangkan dusun Kadireso sebagai Kawasan Dilarang Merokok (KDM). Pencanangan ini dilaksanakan di Pendopo Kalimasada dusun Kadireso Rt 04, Triwidadi, Pajangan, Bantul, Minggu 07.30 Wib. Sebelum dilaksanakan pencangangan terlebih dahulu dilakukan jalan sehat mengitari Pedukuhan Kadireso yang diikuti ± 200 orang warga.

Pencanangan ini didasari pada Peraturan Gubernur D.I Yogyakarta Nomor 42 Tahun 2009 tentang Kawasan Dilarang Merokok (KDM). Kegiatan dihadiri oleh Kapolsek Pajangan AKP Riwanta, Danramil Pajangan Kapten Suyadi, Lurah Triwidadi Slamet Riyanto, perwakilan Puskesmas Pajangan Siswanto, S. ST. Kepala Dukuh Kadireso Bpk. Suyadi dan Ketua Karang Taruna Sdr. Agus Haryanto.

Dalam sosialisasinya, Bpk. Siswanto dari Puskesmas Pajangan menyampaikan merokok salah satu kegiatan yang dapat merugikan dan mengakibatkan bahaya bagi kesehatan masyarakat. Dijelaskan, KDM meliputi tempat umum, sarana kesehatan, tempat kerja, dan tempat spesifik sebagai tempat belajar mengajar, area kegiatan anak, tempat ibadah, tempat pertemuan dan angkutan umum.

Selain KDM ada KABAR  (kawasan bebas asap rokok), KTM (Kawasan Terbatas Merokok) dan yang paling tinggi adalah KTR (Kawasan tanpa Rokok), didalam KTR orang tidak boleh merokok, membawa rokok, menjual rokok dan tidak ada iklan rokok.

Dalam KDM orang boleh merokok namun di kawasan yang telah ditentukan, merokoklah dengan santun dan tahu tempatnya sehingga tidak mengganggu dan merugikan orang lain yang tidak merokok.

Camat Pajangan menyampaikan harapannya, pelan tapi pasti masyarakat Pedukuhan Kadireso yang merokok dapat berhenti, karena merokok sangat merugikan kesehatan diri sendiri maupun orang yang ada di sekitarnya. Bahkan pada bungkus rokokpun sudah dituliskan tentang bahaya rokok. Dari 55 Pedukuhan yang ada di Kec. Pajangan sudah ada 3 Pedukuhan yang mencanangkan KDM ini, diharapkan Pedukuhan lainnya untuk mengikutinya.

Pecanangan Kawasan dilarang merokok dusun Kadireso ditandai dengan tanda tangan di lembar kain putih oleh Camat Pajangan diikuti jajaran Muspika dan Pemerintah Desa Triwidadi serta warga masyarakat Pedukuhan Kadireso.

Setelah kegiatan ini, Camat Pajangan beserta Muspika mengadakan panen perdana padi organik hasil dari program MP3KI pola Khusus PNPM MPd Tahun 2014 Kec. Pajangan bertempat di bulak Kali Candi Dk. Kadireso hingga selesai dalam keadaan aman tertib. (Sihumas Sek Pajangan)

Share this article :

+ komentar + 1 komentar

22 April 2015 pukul 13.42

keren nie klo ada desa bebas rokok

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger