POLRES BANTUL LAKSANAKAN UPACARA BENDERA BULANAN

Jumat, 17 April 20150 komentar




Sudah kita sadari bersama bahwa tugas seorang Polisi dari tahun ketahun semakin berat, seiring dengan realitas kemajuan zaman serta kemajuan tekhnologi yang semakin maju, maka dari itu insan Polri dituntut untuk dapat mengimbangi dinamika tersebut, dengan cara mengembangkan dan meningkatkan kemampuan sumber daya manusia di lingkungan Polri.

Salah satu contoh kemampuan tekhnologi khusunya bidang internet yang digunakan oleh orang-orang atau kelompok-kelompok yang tidak bertanggungjawab untuk menyebarkan faham-faham yang bernuansa radikal, pornografi, sara, dll, yang dapat memecah belah persatuan , kerukunan hidup beragama dan dapat merusak moral generasi penerus bangsa.

Hal tersebut disampaikan Waka Polres Bantul, Kompol Andri Siswan Ansyah, SIK saat membacakan amanat Kapolres Bantul dalam Upacara Bendera tanggal 17 April 2015 Wib di halaman Mapolres Bantul. Bertindak sebagai Komandan Upacara dalam upacara tersebut, Ipda Anwar Fuadi. Sedangkan untuk para petugas upacara, kali ini dilaksanakan oleh Polsek Sewon dan Polsek Kasihan. 

Lebih lanjut Waka Polres menyampaikan, sebagai contoh propaganda yang di lakukan oleh kelompok yang mengatasanamakan diri mereka Daulah Islamiyah atau yang lebih dikenal dengan ISIS. Kelompok radikal tersebut merupakan ancaman serius bagi Bangsa Indonesia, dan Polri ditutut untuk mengetahui dan mengungkap jaringan tersebut, tentu saja hal tersebut bukan merupakan pekerjaan yang mudah, namun dengan kerja keras dari anggota Polri baik dari tingkat Mabes Polri, Polda, Polres dan Polsek yang merupakan ujung tombak dari Institusi Polri dan kerjasama yang baik dari instansi instansi terkait serta peran serta tokoh masyarakat. pemuda, pemuka agama tentu saja paham radikal tersebut dapat dl antisipasi dengan baik.

Sudah menjadi tugas Polri untuk menjaga kamtibmas tetap kondusif, memberikan rasa aman bagi masyarakat, melayani, melindungi dan mengayomi dengan tetap mengedepankan sikap yang humanis, senyum, sapa dan salam, dalam menyelesaikan setiap permasalahan-permasalahan yang timbul dan terjadi dl masyarakat yang menuntut kehadiran Polisl di tengah tengah masyarakat.

Diketahui bersama bahwa mulai tanggal 1 April 2015 sampai dengan tanggal 21 April 2015 selama 21 hari Polda DIY melaksnakan Operasi Terpusat dengan Sandi Simpatik Progo 2015, adapun tujuan dilaksanakan Operasi Simpatik ini dalam rangka mewujudkan Polantas sebagai penggerak revolusi mental dan pelopor tertib sosial dl ruang publik guna mewujudkan pelayanan prima kepada masyarakat dl wilayah hukum Polda DIY. Adapun untuk keberhasilan kegiatan Operasi Simpatik Progo 2015 ini perlu mendapat dukungan dari semua pihak baik dari Institusi Polri itu sendiri dan masyarakat.

Sedangkan situasi keamanan dl wilayah Polres Bantul pada umumnya dalam keadaan aman dan kondusif namun perlu menjadikan perhatian dengan maraknya kejahatan di jalan seperti jambret, begal, pecah kaca yang akhir-akhir ini terjadi dl beberapa wilayah hukum Polres Bantul, dengan ini saya perintahkan kepada Kasat dan Kapolsek Jajaran Polres Bantul untuk meningkatkan patroli pada jam jam rawan, serta meningkatkan sambang kepada tokoh masyarakat dan warga untuk memperoleh informasi yang sekiranya dapat membantu dalam pengungkapan suatu kasus. Tugas sebagai anggota polri adalah tugas yang begitu mulia, tentu akan terasa ringan apabila dijalani dengan penuh keikhlasan, dan rasa tanggungjawab dan tentu saja Tuhan akan memberikan pahala yang setimpal dan mempermudah segala urusan serta melapangkan rizki bagi kita semua. Selain itu saya juga mengingatkan kepada seluruh jajaran agar :

1.    Tribrata sebagai pedoman hidup dalam setiap perbuatan sebagai anggota Polri dan Catur Prasetya sebagai pedoman kerja dalam melaksanakan tugas.
2.    Hindari segala bentuk pelanggaran disipun maupun kode etik profesi polri.
3.    Jangan melakukan perbuatan yang dapat merugikan dan mencederai rasa keadilan masyarakat.
4.    Selalu meningkatkan kemapuan pengetahuan dan keterampilan untuk mendukung tugas kepousan.

Diakhir amanatnya yang dibacakan Waka Polres tersebut, Kapolres Bantul juga menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar besarnya dan pernghargaan yang setinggi - tingginya atas dukungan, bantu an dan kerjasama yang baik yang telah diberikan kepada Kapolres, sehingga dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai Kapolres Bantul selama lebih kurang 1 tahun 6 bulan saya menjabat sebagai Kapolres Bantul, dan tentu saja banyak kesan baik yang diperoleh antara lain :

1.    Polres Bantul sangat dinamis dan selalu ingin maju
2.    Sikap kekeluargaannya sangat tinggi
3.    Berkemauan keras
4.    Memiliki  semangat juang yang  tinggi dan pantang menyerah
5.    Mempunyai harga diri yang tinggi
6.    Sangat menghormati nilai-nilai kedisipunan yang tinggi
7.    Toleransi tinggi dan kuat dalam menjaga kerukunan sesama anggota di lingkungan polres Bantul

Kemudian ada beberapa pesan yang dapat Kapolres Bantul sampaikan yaitu :

1.    Pelihara terus kerjasama kita untuk membangun masyarakat, bangsa dan negara khususnyadi Bantul.
2.    Kabupaten Bantul bisa sejahtera, aman, tentram dan damai, karena perbedaan kita demikian pula kabupaten bantul bisa harmonis karena perbedaan juga.
3.    Maka dari itu jagalah jangan sampai terjadi karena perbedaan suku, agama dan pendapat untuk memecah belah persatuan tetapi sebauknya untuk lebih memperkokoh   rasa persatuan dan kesatuan.
4.    Kerjasama yang solid antar fungsi dan antar instansi pemerintah.

Kapolres juga mengharapkan antara lain:

1.    Apa yang telah diberikan kepada saya, hendaknya diteruskan kepada pengganti saya
2.    Dengan kepemimpinan Kapolres yang baru kiranya dapat membawa angin segar bagi 

Polres Bantul dan jajaran pada khususnya dan seluruh masyarakat Bantul pada umumnya untuk lebih meningkatkan upaya di dalam mewujudkan dan memelihara kamtibmas   yang   lebih kondusif, sehingga masyarakat dapat beraktifitas dengan aman.

Akhirnya saya menyadari sebagai manusia biasa selama bertugas di Polres Bantul tentu ada tutur kata, sikap dan perbuatan atau tingkah laku, kurang baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja yang kurang berkenan saya atas nama keluarga mohon maaf yang sebesar-besarnya dan selanjutnya dengan kepindahan tugas saya ke Polres Metro Jakarta Selatan sebagai Wakapolres Metro Jakarta Selatan, kami mohon doa restu agar dapat melaksanakan tugas dl tempat yang baru dengan baik.

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger