POLSEK BANTUL, PENGAJIAN KAMIS PAGI

Kamis, 23 April 20150 komentar



Kamis, 23 April 2015 mulai jam 08.30 wib, jajaran anggota Polsek Bantul yang dipimpin langsung Kapolsek Bantul Kompol Fajar pamuji, SH melaksanakan pengajian rutin Kamis pagi.

Pengajian didahului dengan pembacaan surat Yasiin dan diikuti seluruh anggota Polsek Bantul yang Bergama islam dengan penceramah KH. Muchsin pengasuh pondok pesantren putri Hidayatul Mubtadi-at, Tajeman Palbapang, Bantul.

Dalam ceramahnya KH Muchsin menyampaikan keutamaan hari Jum’at. Nabi Muhammad Saw bersabda : Pada hari Jum’at ada waktu yang tidak ada bandingnya, ketika dia sholat kemudian dia berdoa kepada Allah Swt, niscaya Allah akan mengabulkan permintaannya (Nabi sambil member isyarat dengan jarinya).

Nabi Muhammad Saw bersabda : Barangsiapa membaca surah al-kahfi pada hari Jum’at, maka Allah Swt akan memberikan cahaya (nur) kepada orang tersebut diantara dua jum’at.  Sabda rosul lainnya: Sesungguhnya hari yang lebih utama adalah hari Jum’at, maka perbanyaklah membaca sholawat atasKu, niscaya sholawat kamu akan sampai kepadaKu.

Hari Jum’at adalah sebaik-baiknya hari, dan malamnya adalah sebaik-baiknya malam setelah malam lailatul-qadr. Maka dari itu sangat diutamakan untuk memperbanyak amal sholeh pada hari Jum’at ataupun malamnya, seperti memperbanyak sedekah, memperbanyak do’a, memperbanyak surah al-kahfi dan memperbanyak membaca sholawat kepada Nabi (300X) seperti lafadz Allahumma sholli wa sallim ‘ala Muhammadin wa alihi.

Dari Syeck Abdullah Al-Haddad, Paling sedikit amal yang dilakukan orang mukmin adalah menggunakan hari Jum’at untuk memperbanyak amal akhirat.

Sholat Jum’at hukumnya fardhu ‘ain bagi orang muslim yang mukallaf, merdeka dan tinggal didaerah  tersebut. Adapun adab bagi orang yang mengerjakan sholat Jum’at adalah, mandi, memotong kuku, mencukur kumis dan sebagainya, memakai pakaian yang bagus/layak dan berwarna putih, menggunakan parfum/minyak wangi, menyegerakan berangkat ke masjid, berjalan dengan tenang, jalan yang ditempuh saat berangkat lebih jauh dar ipada saat kembali.

Bagi khatib/imam dianjurkan untuk menggunakan pakaian yang dapat menambah wibawanya, mendengarkan dan menyimak khutbah, namun bagi yang tidak mendengar suara khatib di sunnatkan untuk berdzikir dan tidak mengganggu yang lain, setelah membaca salam pada sholat Jum’at dianjurkan membaca surah al –Fatihah , al-ikhlas dan mu’awidzatain sebanyak masing-masing 7 kali. (Sihumas Sek Bantul)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger