POLSEK KASIHAN AMANKAN WIWITAN DAN PESTA PANEN RAYA PADI DI BULAK BIBIS BANGUNJIWO

Rabu, 01 April 20150 komentar



Personil Polsek Kasihan melaksanakan pengamanan jalannya acara Wiwitan dan Pesta Panen Raya Padi di Bulak Bibis, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul, Senin, 30 Maret 2015 pukul 09.45 Wib. Selain di lokasi kegiatan, Personel Polsek kasihan juga ditempatkan ruas-ruas jalan sekitar lokasi guna mengatur arus kendaraan, mengingat antusias tinggi masyarakat yang ingin menyaksikan acara ini.

Kegiatan wiwitan ini diselenggarakan oleh Gapoktan Saka Makmur Dusun Bibis, Bangunjiwo, yang merupakan binaan Dinas Pertanian Propinsi DIY dan Kabupaten Bantul dalam rangka ungkapan rasa syukur atas melimpahkan panen tahun ini. Wiwitan dan Panen Raya Padi ini dihadiri oleh Kabid Tanaman Pangan Ir. Yunianti Setyorini, MSc, Kabid Penyuluhan BKP3 Kabupaten Bantul Ir. D. Haris Riyanto, Penyuluh Pertanian Kecamatan Kasihan Antonius Jemiran, Camat Kasihan Drs. Sukendro, Kapolsek Kasihan Kompol Suwandi, Danramil Kasihan, Anggota Gapoktan Saka Makmur, warga masyarakat Bibis, Jipangan dan Kalangan.

Dalam sambutannya Camat Kasihan mengatakan bahwa Wiwitan dan Panen Raya Padi bagi masyarakat, dimaksudkan sebagai wujud rasa syukur mereka terhadap Tuhan Yang maha Esa atas hasil panen yang berlimpah. Kreativitas masyarakat dalam merayakan tradisi ini secara turun-temurun dari nenek moyang, harus tetap dijaga dan dilestarikan.

Camat Kasihan juga berharap kepada para petani setempat agar jalur hijau yang berada di Bulak Bibis, Bangunjiwo ini jangan digunakan untuk pemukiman sehingga identitas asli masyarakat setempat tetap terjaga. Budaya Wiwitan ini harus tetap kita jaga, agar tidak hilang dan bisa dinikmati sampai dengan anak cucu kita nanti. (Sihumas Sek Kasihan)
Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger