SAPA WARGA GUNUNGSAREN KIDUL, KASAT BINMAS MINTA WARGA WASPADA RADIKALISME ISIS

Kamis, 02 April 20150 komentar



Kasat Binmas Polres Bantul, AKP B. Muryanto, kembali mengingatkan soal bahaya berkembangnya paham-paham radikal keagamaan, termasuk paham yang dianut Islamic State of Iraq and Syria (ISIS). Menurutnya, radikalisme merupakan salah satu ancaman nyata terhadap kehidupan dunia global. Dampak dari gerakan radikal dapat berimplikasi terhadap kehidupan bernegara, sehingga mampu menciptakan rasa tidak aman pada masyarakat luas.

Hal tersebut disampaikan Kasat Binmas saat menyambangi warga Gunungsaren Kidul, Desa Trimurti, Srandakan, Bantul dalam kegiatan Safari Kamtibmas, Selasa, 31 Maret 2015 pukul 20.30 Wib bertempat di pos kamling Dusun Gunungsaren Kidul.

Hadir dalam kegiatan tersebut KBO Sat Bimmas Polres Bantul Iptu Luqman, Lurah Desa Trimurti H. Agus Purwaka, ST, Panit Bimmas Polsek Srandakan beserta anggota, Dukuh Gunungsaren Kidul dan Warga masyarakat Dusun Gunungsaren Kidul.

Kasat Binmas meminta agar masyarakat untuk membangun kesadaran dan waspada terhadap gerakan radikalisasi. Saat ini ISIS masih menjadi ancaman potensial bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Namun, ancaman ini jangan sampai berkembang menjadi ancaman faktual dan aktual, yang nantinya justru menciptakan situasi yang mencemaskan bagi Bangsa Indonesia sendiri.

Salah satu cara untuk mencegah ancaman potensial ISIS adalah dengan membangun kesadaran kolektif dengan menempatkan ISIS sebagai musuh bersama. Nantinya, dari kesadaran kolektif itu dapat berkembang menjadi ideologi bersama bahwa ISIS merupakan sebuah ancaman.

Dalam kesempatan tersebut, Kasat Binmas juga menyinggung kasus-kasus laka lantas yang terjadi di Kabupaten Bantul. Kasat Binmas sangat miris, karena kebanyakan korban  laka lantas adalah masyarakat dengan usia masih produktif. Menurutnya, hal ini sangatlah disayangkan, mengingat kecelakaan terjadi hanya karena ketidakpatuhan terhadap tata tertib lalu lintas dan sifat yang tidak mau bersabar atau ugal-ugalan. “Oleh sebab itu penting menanamkan sikap kehati-hatian dan senantiasa mematuhi peraturan lalu lintas dalam diri setiap pribadi. Jadilah pelopor keselamatan berlalu lintas dan budayakan keselamatan sebagai kebutuhan,” tegas Kasat Binmas.

Diakhir sambutannya, Kasat Binmas menekankan agar masyarakat berhati-hati dan waspada terhadap keberadaan orang asing di lingkungan sekitar. Secara khusus Kasat Binmas mengingatkan agar pemilik kontrakan atau kos-kosan selektif terhadap para penghuni rumah kontrakan atau kos-kosan.

Diakhir acara, Kasat Binmas memberikan bantuan alat perlengkapan untuk melaksanakan siskamling kepada masyarakat Dusun Gunungsaren Kidul berupa borgol, tongkat T, lampu kedip dan bingkisan tali asih kepada kelompok ronda yang ada di Dusun Gunungsaren Kidul. (Sihumas Sek Srandakan)
Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger