TIM SAR POLRES BANTUL SIAP BANTU MASYARAKAT BILA TERJADI BENCANA

Kamis, 23 April 20150 komentar



Selain bertugas mencegah dan menangkal segala bentuk gangguan kamtibmas baik berupa kejahatan maupun pelanggaran serta gangguaan ketertiban lainnya, Fungsi Sabhara juga mempunyai tugas untuk melaksanakan SAR terbatas.

Hal tersebut disampaikan Kasat Sabhara Polres Bantul AKP Riyono,SH yang didampingi Ipda Iwan Novianto dan Aiptu Herman Susilo saat melaksanakan talk show dalam acara Jagongan Bantul di Radio Persatuan Bantul.

Dalam acara tersebut Kasat Sabhara menyatakan, Sat Sabhara telah memeliki Tim SAR yang detiap saat akan diterjunkan membantu warga masyarakat yang kena musibah bencana alam, kecelakaan di perairan dan lain lain. Kendatipun merupakan SAR terbatas, namun Polres Bantul tetap berkomitmen untuk mempunyai suatu sistem SAR yang baik. SAR Polres Bantul-pun sudah mempunyai perangkat dan jaringan komunikasi yang lumayan memadai untuk kegiatan SAR.

Kasat Sabhara menambahkan, saat ini kemampuan Personel Sat Sabhara yang tergabung dalam SAR-pun masih perlu ditingkatkan agar memiliki kemampuan dan keterampilan SAR yang khusus, sehingga perlu dilakukan pembinaan dan latihan secara terus-menerus untuk meningkatkan kemampuan. Dan dalam rangka meningkatkan kemampuan tanggap darurat personilnya, Polres Bantul secara periodik menggelar latihan SAR seperti penyelamatan korban bencana alam, kecelakaan di perairan dan lain-lain.  

Dalam melaksanakan kegiatan SAR, Kasat Sabhara menjelaskan, bahwa Sat Sabhara senantiasa berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul sebagai  badan yang bertanggung jawab terhadap penanggulangan bencana yang mencakup pencegahan bencana, penanganan darurat, rehabilitasi, serta rekonstruksi di Kabupaten Bantul.

Pembawa acara dalam talk show tersebut juga memberikan kesempatan kepada warga masyarakat untuk melakukan dialog interaktif dengan narasumber. Masyarakat  diberikan kesempatan untuk bertanya-tanya seputar Tim Sar Polres Bantul maupun memberikan masukan demi semakin meningkatnya kinerja Tim SAR Polres Bantul.

Diakhir acara, Kasat Sabhara menegaskan, bahwa Tim SAR Polres Bantul senantiasa siap siaga memberikan bantuan kepada masyarakat apabila terjadi bencana alam. “ Kami siap memberikan bantuan SAR dalam penanggulangan bencana dan musibah lainnya yang dihadapi oleh masyarakat,” tutup Kasat Sabhara. (Sat Sabhara)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger