TIPS AMAN MEMBUKA PINTU MOBIL SAAT BERHENTI DI PINGGIR JALAN

Minggu, 05 April 20150 komentar



Bila anda terpaksa harus berhenti di pinggir jalan karena sesuatu hal yang mengharuskan anda keluar dari mobil, saat membuka pintu mobil dalam kondisi seperti ini diperlukan kehati-hatian karena sering pengendara motor atau mobil lain melintas dari belakang yang akibatnya fatal jika langsung membuka mobil.

Nah lakukan beberapa tips / cara berikut ini sebelum anda membuka pintu mobil:

1. Perhatikan rambu terutama rambu berwarna merah, pastikan anda tidak berhenti di area yang dilarang untuk berhenti. Jangan pula berhenti di pinggir jalan yang mempunyai garis putih tanpa putus (garis di tengah jalan), kecuali bisa masuk ke sisi luar jalan (semua bagian mobil bisa keluar dari aspal).

2. Hentikan mobil di pinggir jalan (mepet) hal ini untuk memastikan bahwa tidak ada motor yang menyalip lewat celah sisi sempit kiri mobil.

3. Jika memiliki mode lampu hazard, tidak ada salahnya menghidupkan lampu ini (lampu sein kanan kiri berkedip berbarengan).

4. Lihat kebelakang secara langsung dengan menengoknya, pandangan menembus kaca belakang mobil. Bisa dilakukan juga melalui spion jika kaca belakang mobil tidak tembus pandang. Pastikan tidak ada motor/ mobil yang berbahaya.

5. Buka sedikit pintu mobil dan intip kembali melalui celah pintu apakah ada bahaya dari belakang, jika ada tunggu sebentar. Jika tidak ada bahaya anda bisa membuka pintu dan menutup kembali secepat mungkin.

Catatan : lebih baik anda memarkir di tempat yang benar-benar bebas dari kendaraan misalnya lapangan atau pinggiran jalan (lepas dari tanah) untuk memastikan keselamatan kita.

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger