ANTISIPASI MASSA ANARKIS, SABHARA POLRES BANTUL LATIHAN GUNAKAN SENJATA FLASH BALL

Kamis, 28 Mei 20150 komentar




Satuan Sabhara Polres Bantul dan Unit Sabhara Polsek jajaran mengadakan latihan bersama keterampilan penggunaan senjata pengurai massa di Stadion Sultan Agung, Bantul, Rabu, 27 Mei 2015. Latihan bersama ini dipimpin langsung oleh Waka Polres Bantul, Kompol Andri Siswan Ansyah, SIK.

Waka Polres menuturkan, latihan bersama ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anggota dalam menggunakan senjata pengurai massa. Selain itu, juga sebagai sarana untuk mengingatkan kembali prosedur cara bertindak personil dalam menghadapai massa di lapangan.

“Hal ini juga bertujuan untuk mempersiapkan para anggota Dalmas dalam peningkatan sumber daya manusia Polri khususnya pembentukan personel yang terampil, profesional serta patuh hukum dalam melaksanankan tugas pengendalian massa di wilayah hukum Polres Bantul,” ujar Waka Polres Bantul.

Menurut Waka, latihan bersama ini meliputi latihan dalam menggunakan senjata flash ball atau pelontar gas air mata, paper gun, pemadam api dan penggunaan mesin chainsaw.

“Latihan ini juga merupakan bentuk antisipasi kecelakaan dalam pengoperasian senjata pengurai massa seperti flash ball atau pelontar gas air mata dan paper gun. Dalam latihan ini seluruh anggota Sabhara dilatih cara yang baik dan benar dalam menggunakan senjata ini,” imbuh Waka Polres.

Waka menambahkan, flash ball atau pelontar gas air mata efektif melontarkan peluru gas air mata hingga 50 meter. Karena setelah ditembakkan akan keluar asap yang dapat memerihkan mata. Senjata ini berfungsi untuk menceraiberaikan massa yang beringas, baik dalam situasi tawuran atau aksi demo yang anarkis.

Maraknya aksi demonstrasi seringkali dirasakan mengganggu ketertiban dan kelancaran kegiatan sosial masyarakat serta sering menimbulkan gangguan keamanan. Polri diberi kewenangan untuk menata keamanan dan ketertiban agar kepentingan umum yang lebih besar tidak terkorbankan. Oleh sebab itu, Dalmas Polres Bantul harus siap secara personel untuk mengatasi hal tersebut.

Selain penggunaan senjata pengurai massa, dalam latihan bersama ini, anggota juga dilatih keterampilan dalam menggunakan mesin chainsaw. Penggunaan mesin chainsaw erat kaitannya dengan pelaksanaan tugas Sabhara dalam bidang pelaksanaan SAR terbatas, seperti menolong korban bencana alam, pohon tumbang dan lain-lain.

Untuk dapat mewujudkan harapan dan kepercayaan masyarakat, diperlukan kompetensi yang baik dari pelaksana atau sumber daya manusia Polri, khususnya tugas yang diemban anggota Sabhara. Salah satunya adalah dengan dilaksanakannya latihan bersama dalam menggunakan senjata pengurai massa ini. (Sat Sabhara Res Bantul)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger