CARA HINDARI KANTUK SAAT BERKENDARA

Minggu, 10 Mei 20150 komentar



Simak beberapa tip berikut agar badan tetap fit tidak mengantuk saat mengemudi :

1. Pastikan tubuh terasa bugar sebelum berangkat. Lakukan apa yang dirasa mesti dilakukan. Misalnya, mandi atau mencuci muka sebelum berangkat (ini membuat Anda lebih segar), atau melakukan sedikit pemanasan. Yang belakangan bukan saja berfungsi meningkatkan kewaspadaan, melainkan juga membantu melemaskan otot-otot yang tegang.

2. Makan dan minumlah secukupnya sebelum mengemudi. Tetapi ingat, jangan meminum alkohol atau minuman yang bersifat merangsang adrenalin.

3. Ketika berada di jalan, jangan biarkan diri Anda larut dalam lamunan atau memikirkan hal-hal lain. Fokuskan daya konsentrasi pada perjalanan yang Anda tempuh. Perhatikan kondisi jalan, lingkungan sekitar, dan tentu saja rambu-rambu lalu-lintas.

4. Persiapkan diri dengan perbekalan. Taruh botol air minum Anda di lokasi yang mudah dijangkau. Jika Anda terpaksa makan, sebaiknya berhenti terlebih dahulu.

5. Perhatikan pemakaian sabuk pengaman Anda. Jangan sampai terlalu kencang hingga mengganggu pernapasan Anda.

6. Jika rasa kantuk tak tertahankan, segera menepi di tempat yang aman. Anda bisa mengunjungi rumah makan atau warung kopi (Anda boleh menyesap sedikit kopi panas). Dan lebih baik Anda mencuci muka lagi.

7. Tetapi sesungguhnya, cara paling efektif untuk memerangi kantuk adalah tidur sebentar selama 15 menit. Cara itu lebih ampuh ketimbang, misalnya, mendinginkan udara, tidur sejenak, istirahat tanpa tidur dan lainya. Tidur selama 15 menit membantu menjernihkan otak dari kandungan adenosine.
Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger