TIPS HINDARI BEGAL MOTOR

Minggu, 10 Mei 20150 komentar



Kejahatan bisa terjadi bukan hanya karena ada faktor niat dari pelaku, akan tetapi kejahatan juga bisa terjadi karena adanya kesempatan yang tersedia.

Tentunya tidak akan ada satu orang pun yang ingin menjadi korban kejahatan. Salah satu kejahatan yang belakangan ini menjadi sorotan yaitu begal motor.

Untuk menghindari jadi korban begal motor di jalan Kapolres Bantul AKBP Dadiyo, SIK menyarankan bahwa pengendara motor agar lebih memperhatikan keadaan sekeliling saat berkendera serta hindari jalan sepi dan gelap.

"Informasikan perjalanan ke keluarga atau teman, simpan barang mewah (cincin atau jam yang berkilau) dalam tas, rute jalan yang akan dilalui harus sudah diketahui dan naik kendaraan (sepeda motor) upayakan berdua," kata Kapolres Bantul.

Selain itu, Kapolres juga mengunkapkan bahwa agar waspada terhadap pengendara motor yang berjumlah sekitar empat atau enam orang yang membuntuti, "patut kita waspadai," cetusnya.

Apabila terpaksa saat dihentikan, Kapolres mengatakan agar pengendara menepi ke tempat yang ramai, "Bila memungkinkan, melaju kencang meninggalkan pelaku yang meminta kita menepi atau berhenti," paparnya.

Apabila sudah tidak bisa dihindari dan kita menjadi korban, amati wajah dan ciri pelaku. Kemudian segera laporkan ke kantor kepolisian terdekat, "Bila melihat atau mendengar atau mengetahui dan atau mengalami ada aksi begal untuk ditindaklanjuti pihak kepolisian mengungkapnya," jelas Kapolres.

Kapolres Bantul juga berpesan agar pengendara bisa tetap mentaati peraturan berlalu lintas dan melengkapi persyaratan berkendara.

"Awas, jangan menelpon saat mengendarai atau dibonceng. Gunakan ruang terbuka yang ramai untuk bercengkerama, jangan di tempat sepi. Ingatkan teman yang dibonceng atau yang membonceng untuk berhati hati, serta datakan nomor telpon polisi 110 di kontak sebagai kontak person," tutupnya.

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger