LOMBA KULINER PENGOLAHAN PANGAN LOKAL DI KEC. PAJANGAN

Minggu, 31 Mei 20150 komentar



Bhabinkamtibmas Desa Sendangsari Aipda Tetepana dan Bamin Sihumas Polsek Pajangan Bripka Moh. Arin Ashudi menghadiri kegiatan lomba kuliner pengolahan pangan lokal dengan tema “Kebangkitan Pangan Lokal Makanan Sehat Untuk Anak” bertempat di Pendopo Kec. Pajangan, Sabtu 30 Mei 2015 jam 10.00 Wib.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh kelompok kerja pengolahan pangan lokal dalam Program Nasional Permberdayaan Masyarakat Perdesaan (PNPM MPd) pola khusus Masterplan Percepatan dan Perluasan Pengurangan Kemiskinan Indonesia (MP3KI) Tim Pengelola Kegiatan Kec. Pajangan.

Hadir dalam acara tersebut Penanggung Jawab Operasional Proyek Kasi Ekbang dan Lingkungan Hidup Kec. Pajangan Budi Suryono, S.Sos, Ketua TPK Kec. Pajangan Drs. Sukamtri, Ketua Pokja pengolahan pangan lokal Ibu Zeni Puji Astuti, Lurah Desa Sendangsari Muh. Irwan Susanto, ST, Koramil 18/Pajangan Pelda Parjangkung, Kepala SMP N 1 Pajangan Murjito, S.Pd, Kepala SD N Sendangsari H. Sutrisno, M.Pd, dewan juri, kader TP PKK se  Kec. Pajangan dan para tamu undangan.

Dewan juri perlombaan kuliner pengolahan pangan lokal tersebut berasal dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Bantul, Dinas Kesehatan Kab. Bantul, Unit Pelayanan Teknis Pengelolaan Pendidikan Dasar Kec. Pajangan dan TP PKK Kec. Pajangan.

Ada 4 kriteri dalam perlombaan kali ini, diantaranya kuliner pengolahan pangan lokal dari Garut, Nira, Umbi-umbian dan Empon-empon. Lomba diikuti sebanyak 20 kelompok pengolahan pangan lokal dari seluruh Kec. Pajangan. Selain lomba juga dipajang hasil pengolahan pangan lokal dari Kec. Pajangan yang merupakan hasil pelatihan dari program PNPM MPd pola khusus MP3KI TPK Kec. Pajangan.

Diadakan perlombaan ini dimaksudkan untuk meningkatkan daya saing dalam pengolahan pangan lokal asli Kec. Pajangan, menjadi makanan yang menarik dan beragam sehingga mempunyai nilai ekonomis yang tinggi yang tentunya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Meningkatkan keinginan masyarakat untuk mengkonsumsi hasil pengolahan pangan lokal yang beragam sehingga Kec. Pajangan dan Kab. Bantul dapat meningkatkan ketahanan pangan menjadi kedaulatan pangan.

Setelah dilakukan penilaian tim juri kemudian mengumumkan hasil lomba dan dilanjutkan dengan pemberian hadiah. Hingga selesainya lomba kuliner pengolahan pangan lokal di Pendopo Kec. Pajangan situasi dalam keadaan aman kondusif. (Sihumas Sek Pajangan)


Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger