PEMBINAAN KEPADA LINMAS DESA TRIWIDADI OLEH UNIT BINMAS POLSEK PAJANGAN

Sabtu, 30 Mei 20150 komentar



Jumat 29 Mei 2015 jam 20.00 Wib, Unit Binmas Polsek Pajangan adakan giat Pembinaan Keamanan Swakarsa (Binkamsa)  serta penyuluhan kesehatan kepada anggota Linmas Desa Triwidadi Kec. Pajangan.

Kegiatan ini dihadiri dari personil Polsek Pajangan antara lain Kanit Binmas Iptu Muh. Sugeng, Kasihumas Aiptu Sunarto, Aiptu Subari, Aipda Ngadiman dan Bripka Moh. Arin Ashudi. Sedangngkan dari Puskesmas Pajangan yang hadir adalah Siswanto, S.ST dan Bapak Bari. Dari kelurahan Desa Triwidadi hadir Kabagpem Giyanta, S.Pd dan Kabag Pelayanan Bapak. Sarju dan ± 92 anggota Linmas.

Acara diawali dengan penyuluhan kesehatan dari Puskesmas Pajangan yang disampaikan oleh Bapak Siswan, S.ST yang menyampaikan tentang Kawasan Dilarang Merokok (KDM). KDM adalah tempat atau ruangan atau area yang terdapat larangan untuk merokok.

Dasar Hukum untuk KDM adalalah Peraturan bersama Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri Nomor 188/Menkes/PB/I/2011 Nomor 7 Tahun 2011 tentang pedoman pelaksanaan kawasan tanpa rokok (KTR). KTR merupakan ruangan atau area yang dinyatakan dilarang untuk kegiatan merokok atau kegiatan memproduksi, menjual, mengiklankan, dan/atau mempromosikan produk tembakau dan Peraturan gubernur No 42 Tahun 2009 Peraturan Gubernur Nomor 42 Tahun 2009 tentang Kawasan Dilarang Merokok (KDM).

Munculnya KDM didasari oleh perokok pasif tidak terlindungi, peningkatan perokok dini dan bahaya kesehatan akibat asap rokok. KDM bertujuan untuk  memberikan perlindungan dari bahaya asap rokok bagi perokok aktif dan/atau perokok pasif, melindungi kesehatan masyarakat secara umum dari dampak buruk merokok baik langsung maupun tidak langsung, memberikan ruang dan lingkungan yang bersih dan sehat bagi masyarakat, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mencegah perokok pemula bertambah. Dari 10 besar indikator PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat) adalah dengan tidak merokok.

Binkamsa dari Unit Binmas Polsek Pajangan yang disampaikan oleh Iptu Muh. Sugeng menyampaikan, Linmas harus mendeteksi lingkungannya apabila ada kegiatan perekrutan dan berkembangnya paham radikal (ISIS) harap segera dilaporkan ke Polisi. Dalam menghadapi Bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1436 H, Linmas harus bisa menjadi penggerak dalam kegiatan ronda Poskamling di lingkungannya dan apabila mendapati pelaku kejahatan jangan main Hakim sendiri, segaralah amankan tersangka berikut barang buktinya dan segera melaporkan ke Polsek Pajangan.

Bhabinkamtibmas Desa Triwidadi Aipda Ngadiman menambahkan, saat ini Polri sedang menggelar Operasi Patuh tahun 2015 dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia selama 14 hari mulai tanggal 27 Mei 2015 s.d. 9 Juni 2015 guna menciptakan situasi keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas sebagai upaya menciptakan situasi lalu lintas yang kondusif.

Guna mencapai hasil yang optimal dalam operasi patuh akan dilakukan penegakan aturan lalu lintas secara simpatik dan profesional, untuk itu kelengkapan surat-surat bermotor, kelengkapan kendaraan dan disiplin dijalan raya harus dilakukan dan terus dilakukan walaupun tidak ada operasi dari Kepolisian. Kita harus bisa menjadi nomor satu dalam menjadi pelopor disiplin dan keselamatan berlalu lintas.

Sebelum menutup arahanya, Aipda Ngadiman mengimformasikan bahwa di Polsek Pajangan pada hari Selasa tangga 23 Juni 2015 akan digelar pelayanan SIM keliling. Segeralah cek masa berlaku SIM masing masing, apabila akan habis masa berlakunya maka lebih baik segera diperpanjang, ingat Aipda Ngadiman.

Kemudian acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan pembentukan struktur Linmas Desa Triwidadi dan menetapkan / mengangkat sebagai Ketua Linmas Desa Triwidadi adalah Bapak Kawid dan wakil Bapak Harso Sungkono, sebagai Sekretaris Bapak Wardal dan Sumiran, sebagai Bendahara Subandi dan Wagiono dan sebagai Sihumas adalah Wasiat, Ngatijo, Gangsarno dan Kuadi. (Sihumas Sek Pajangan)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger