PEMBUKAAN AKSIOMA KAB. BANTUL 2015 DI PONPES AL IMDAD II GUWOSARI PAJANGAN

Minggu, 10 Mei 20150 komentar



Telah berlangsung acara pembukaan Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga (Aksioma) Kab. Bantul Tahun 2015” di Ponpes dan MA Unggulan Al Imdad II dusun Kedung, Guwosari, Pajangan, Bantul, Sabtu 9 Mei 2015 jam 09.00 Wib.

Acara dihadiri oleh Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik  KH Drs. Mahmudi, M.Si mewakili Bupati Bantul,  Kabid. Pendidikan Madrasah Kakanwil Kemenag DIY Drs. H. Nur Hamid, M.PdI, Kepala Kantor Kemenag Kab. Bantul Drs. H.Abdul Madjid, MA., Kepala Rutan Bantul Dr. H. Syahrial Yuska, Bc, IP, SH, MH., Dr. Drs. Abdus Syakur, M. Ag Pimpinan dan Pengasuh Ponpes. dan MA Unggulan Al Imdad, Kepala Dikmenof Kab. Bantul Drs. Masharun, MM, Kepala Kantor Pemuda dan Olah Raga Kab. Bantul Supriyanto Widodo, MT., Kasi Kemasyarakatan Kec. Pajangan Bapak. Mursidi, Kepala KUA Pajangan Asrori, SHI, Kapolsek Pajangan AKP Riwanta, Danramil Pajangan Kapten Inf. Suyadi, Kepala P2D Pajangan Edy Susanto, S.Pd. MM, Lurah Guwosari H. Muh. Suharto, Kepala Dukuh Kedung Anwar Aswahadi, Kepala Dukuh Bungsing Bapak. Ichwan, Kepala Sekolah MI, Mts dan MA se Kab. Bantul dan tamu undangan ± 400 orang.

Dr. Drs. Abdus Syakur, M. Ag Pimpinan dan Pengasuh Ponpes dan MA Unggulan Al Imdad dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang di Ponpes. Al Imdad dan MA Unggulan Al Imdad kepada hadirin. Aksioma Kab. Bantul Tahun 2015 ini diadakan di Al Imdad untuk sosialisasi bahwa di komplek Al Imdad II ini ada Madrasah Aliyah. Alhamdulillah pada tahun 2014 lalu santri Al Imdad dapat meraih berprestasi mendapat 90 piala baik Kabupaten hingga Nasional. Tahun ini tepatnya tanggal 1 Juni – 6 Juni 2015 kami akan mengirimkan 3 santri untuk ikut lomba PPSN (Pekan Pramuka Santri Nasional) di Kalimantan Selatan mewakili Kab. Bantul.

Kepala Kantor Kemenag Kab. Bantul Drs. H.Abdul Madjid, MA sebagai penanggung jawab kegiatan dalam laporannya  menyampaikan kegiatan Aksioma ini didasarkan Surat Edaran dari Kakanwil Kemenag DIY tentang petunjuk teknis pelaksanaan Aksioma di lingkungan Kementrian Agama D.I. Yogyakarta Tahun 2015. Tema Kegiatan Aksioma Kab. Bantul Tahun 2015 “Membangun Landasan Bagi berkembangnya Potensi Siswa Proporsional Kreatif dan Sportif”. Cabang Lomba untuk MI sebanyak 18 Kejuaraan, Mts sebanyak 32 Kejuaraan dan MA sebanyak 33 Kejuaran dengan jumlah total 84 Kejuaraan.

Adapun tujuan Kegiatan ini adalah untuk :

1. Membangkitkan potensi dan kreatifitas siswa.
2. Menumbuhkan watak jujur, tekun, cermat dan berpandangan terbuka.
3. Membangun budaya berkompetisi secara sehat, fair dan sportif.
4. Membangun citra Madrasah sebagai basis pengembangan rohani, jasmani, skill dan intelektualitas.
5. Memberi penghargaan dan kesempatan bagi siswa berprestasi sesuai minat dan bakatnya untuk beraktualisasi diri.
6. Menumbuhkembangkan kepercayaan diri sindiri.

Sedangkan Kabid. Pendidikan Madrasah Kakanwil Kemenag DIY Drs. H. Nur Hamid, M.PdI dalam sambutannya menyampaikan Aksioma ini merupakan implementasi dari cita-cita Madrasah minimal 5 ciri khas cita-cita Madrasah yaitu berprestasi dalam akhlakhul karimah, berprestasi dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, berpretasi dalam bahasa dan budaya (bahasa Nasional dan Asing),  berprestasi dalam olahraga dan seni dan yang terakhir berprestasi dalam ilmu keagamaan. Ilmu keagamaan ini perlu dipertahankan karena di Madrasah ini tidak hanya mencerdaskan otak intelektual namu kecerdasan yang lain, emosional dan spiritual yang diwujudkan dalam kompetisi ini.

Tahun ini akan diadakan Kompetisi Science Madrasah (KSM) tingkat Nasional pada Bulan  September – Oktober setelah hari raya. Kami berharap duta dari D.I. Yogyakarta ini akan menjadi yang terbaik. Dengan Aksioma dan KSM nantinya para santri yang berprestasi dapat mengikuti ajang Olimpiade yang diselenggarakan oleh Kemdiknas RI.

Pemda. Kab. Bantul melalui dinasnya diharapkan memberikan pelayanan yang seimbang antara Sekolah Umum dan Madrasah. Madrasah juga ikut serta dalam mencerdaskan generasi-generasi Bangsa ini yang didasari ilmu keagamaan dan akhlak mulia. Kehadiran dari seluruh tamu undangan ini diharapkan dapat memacu Madrasah yang dapat diunggulkan sebagaimana Sekolah umum yang ada di Kab. Bantul. Bantul selalu terkenal bahwa sekolahnya selalu berprestasi terbaik di D.I. Yogyakarta dan mudah-mudahan Madrasah dapat memberikan kontribusi dalam hal tersebut.

Pembukaan Aksioma Kab. Bantul dilakukan oleh Bupati Bantul yang diwakili Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik  KH Drs. Mahmudi, M.Si. Dalam sambutannya yang membacakan sambutan Bupati Bantul menyampaikan bahwa Bupati Bantul berharap dengan Aksioma ini bisa melahirkan atlet olahragawan dan seniman yang berprestasi dari kalangan santri Madrasah. Dengan Aksioma ini kita gali potensi-potensi santri di bidang olahraga dan seni. Ajang ini juga menjadi momentum sebagai wahana perekat hubungan silaturohmi, kerukunan, persatuan dan kesatuan Bangsa khususnya di kalangan Madrasah. Aksioma ini perlu dijadikan sarana generasi Islami yang berwawasan Kebangsaan, dalam arti generasi mendatang haruslah mempunyai kemampuan dan kemauan untuk memahami dan nilai ajaran dan semangat Islam dan sekaligus memiliki cara pandang dan kecintaan terhadap tanah air, Bangsa dan Negara Indonesia.

Bangsa kita harus menjadi Bangsa yang maju, bermartabat, sejahtera dan dapat mewarnai peradaban dunia. Untuk menjadi Bangsa yang kita dambakan, kita harus berjuang, bersatu dan bekerja keras agar pilar-pilar Kebangsaan, pilar-pilar kekuatan dan pilar-pilar kehidupan dapat diperkokoh. Kita harus memperkokoh kemandirian kita sebagai Bangsa, dan membangun peradaban Bangsa yang terhormat dan mulia. Kita harus melihat Sriwijaya dan Majapahit yang telah membuktikan Bangsa kita pernah diperhitungkan dunia. Kita jangan terlena pada tujuan-tujuan jangka pendek, kita jatuh dari satu krisis ke krisis berikutnya.

Ibu Bupati mengharapkan kepada para peserta Aksioma agar teruslah belajar untuk menjadi generasi Indonesia yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Teruslah beribadah dan mengembangkan sikap dan perilaku yang religius, agar kalian mempunyai budi pekerti yang luhur. Teruslah kalian berlatih olahraga, mempertahankan kesehatan dan kekuatan jasmani sehingga akan tumbuh menjadi putra-putri Bangsa yang sehat dan kuat jasmani dan rohani.

Pembukaan dilakukan dengan menabuh rebana yang dilakukan oleh Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik  KH Drs. Mahmudi, M.Si dengan didampingi Kabid. Pendidikan Madrasah Kakanwil Kemenag DIY Drs. H. Nur Hamid, M.PdI, Kepala Kantor Kemenag Kab. Bantul Drs. H.Abdul Madjid, MA, Dr. Drs. Abdus Syakur, M. Ag Pimpinan dan Pengasuh Ponpes dan MA Unggulan Al Imdad, Kepala Dikmenof Kab. Bantul Drs. Masharun, MM dan Kepala Kantor Pemuda dan Olah Raga Kab. Bantul  Supriyanto Widodo, MT.

Acara pembukaan Aksioma dimulai dengan melantunkan ayat-ayat suci Alqur’an dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Madrasah. Disela-sela acara para tamu undangan dihibur oleh tari Saman yang ditampilkan oleh MA Sabdodadi Kab. Bantul.
Selama acara berlangsung dilaksanakan pengamanan oleh Personil Polsek Pajangan hingga acara berakhir dalam keadaana aman tertib pada pukul 10.30 Wib. (Sihumas Sek Pajangan)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger