POLRES BANTUL LAKSANAKAN APEL GELAR PASUKAN OPERASI PATUH PROGO 2015

Rabu, 27 Mei 20150 komentar



Sebagaimana kita ketahui, bahwa permasalahan di bidang lalu lintas khususnya lalu lintas jalan raya semakin hari semakin berkembang seiring dengan berkembangnya jumlah kendaraan bermotor dan populasi jumlah penduduk yang memerlukan alat transportasi sebagai sarana mobilitas dalam memenuhi kebutuhan hidup, sehingga masalah lalu lintas semakin hari permasalahannya semakin kompleks.

Hal tersebut disampaikan Waka Polres Bantul Kompol Andri Siswan Ansyah, SIK saat membacakan amanat Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjend Pol Drs. Condro Kirono, M.M., M.Hum saat memimpin apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Patuh Progo tahun 2015 di halaman Mapolres Bantul, Rabu, 27 Mei 2015 pukul 08.00 Wib.

Apel ini diikuti oleh pejabat utama Polres Bantul, Kapolsek jajaran dan seluruh anggota yang terlibat dalam Operasi Patuh Progo tahun 2015.

Dalam amanatnya Kakor Lantas Polri menyatakan sebagai salah satu langkah solutif permasalahan lalu lintas yang semakin kompleks, Korlantas Polri beserta jajaran Ditlantas Polda telah menetapkan kalender Operasi Patuh yang rutin dilaksanakan setiap menjelang Hari Raya Idul Fitri guna menjaga kamseltibcar lantas dalam menyambut bulan suci Ramadhan 1436 H tahun 2015.

Dalam menghadapi permasalahan di bidang lalu lintas tersebut, dibutuhkan peran serta seluruh stakeholder untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, demikian pula koordinasi bersama instansi pemerintahan yang bertanggung jawab dalam pembinaan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas yang saat ini juga masih dirasakan kurang optimal hal itu berdampak terhadap belum maksimalnya ketersediaan sarana dan prasarana lalu lintas jalan, regulasi angkutan umum serta rendahnya tingkat kesadaran dan disiplin masyarakat dalam mematuhi aturan atau pun ketentuan perundang- undang lalu lintas.

Mencermati hal tersebut, Kakor Lantas Polri mengharapkan agar jajaran Korlantas Polri mampu mempersiapkan langkah-langkah antisipasi baik secara taktis teknis maupun strategi agar potensi pelanggaran kemacetan, serta kecelakaan lalu lintas yang terjadi dapat diminimalisir.

Menjelang Bulan Puasa Ramadhan 1436 H tahun 2015, Polri dapat memanfaatkan momentum tersebut dengan membangun trust building terhadap masyarakat melalui pencitraan dengan melaksanakan Operasi Patuh yang mengedepankan persuasif, edukatif memberdayakan fungsi Dikmas Lantas secara optimal dengan penerangan masyarakat melalui media cetak maupun elektronik dan pelayanan informasi lalu lintas yang paling up to date melalui siaran langsung NTMC Korlantas Polri sehingga manfaatnya dapat dirasakan masyarakat sehingga kamseltibcar lantas dapat diwujudkan.

Operasi Patuh tahun 2015 dilaksanakan secara serentak oleh seluruh Polda - Polda jajaran, selama 14 (empat  belas) hari mulai tanggal 27 Mei 2015 s.d. 9 Juni 2015 guna menciptakan situasi keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas sebagai upaya menciptakan situasi lalu lintas yang kondusif.

Sebelum pelaksanaan operasi patuh tentunya telah di persiapkan berbagai persiapan baik, perencanaan, sasaran dan cara bertindak sehingga bisa dicapai hasil yang optimal, adapun tujuan Operasi Patuh 2015 adalah sebagai berikut :

1.    Terciptanya situasi kamseltibcar lantas yang mantap dan kondusif serta menurunnya pelanggaran lalu lintas yang berakibat fatal dan kecelakaan massa;

2.    Menurunnya pelanggaran lalu lintas terutama bagi pengemudi kendaraan bermotoryang melanggar rambu rambu, melawan arus, dan khususnya melanggar rambu  larangan parkir;

3.    Terurainya kemacetan dan ketidak tertiban lalu lintas;

4.    Menurunnya kecelakaan lalu lintas dan korban laka lantas yang berakibat fatal dan korban kecelakaan massal serta kerugian materil;

5.    Meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas serta terciptanya kepercayaan masyarakat terhadap polri sebagai cipta kondisi dalam rangka menjelang hut bhayangkara ke-68 tahun 2015 dan operasi ketupat tahun 2015;

6.    Memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan masyarakat. menjaga keamanan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas serta mengembangkan perpolisian masyarakat berbasis pada masyarakat yang patuh hukum menjamin keberhasilan penanggulangan permasalahan lalu lintas.

Guna mencapai hasil yang optimal, cara bertindak dalam Operasi Patuh 2015 adalah sebagai berikut :

1.    Melaksanakan penegakan hukum lalu lintas secara simpatik dan profesional;

2.    Melaksanakan kegiatanpenjagaan, pengaturan, pengawalan dan patroli lalu lintas di lokasi rawan pelanggaran, kecelakaan dan kemacetan lalu lintas sebagai upaya memberikan rasa aman bagi pengguna jalan;

3.    Membangun opini yang positif terhadap citra Polantas dengan ramah, sopan dan tegas dalam melaksanakan tugas sebagai pelindung, pengayom         dan pelayan masyarakat;

4.    Menggelar personei  dan kendaraan bermotor di lapangan  secara  optimal khususnya pada jam-jam sibuk atau padat arus lalu lintas;

5.    Menuntaskan kasus laka lantas secara bijakdanadil sesuai undang – undang.

Dalam melaksanaan Operasi Patuh tahun 2015, Kakor Lantas Polri mengharapkan untuk menjaga keamanan personel, terutama pada saat melakukan penertiban pelanggaran lalu lintas, oleh karena itu, saya berpesan kepada seluruh personel yang terubat dalam pelaksanaan operasi agar selalu memperhatikan faktor keselamatan dalam setiap kegiatan operasi, laksanakan Operasi Patuh 2015, dengan penuh rasa tanggung jawab serta dedikasi yang tinggi dan profesional guna mencapai hasil yang diharapkan. (Bag Humas Res Bantul)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger