POLSEK IMOGIRI AMANKAN GIAT MERTI DUSUN DI DUSUN KALIDADAP I & II

Kamis, 07 Mei 20150 komentar




Masyarakat dusun Kalidadap I & II Selopamioro secara bersama-sama menyelenggarakan acara merti dusun, Rabu, 6 Mei 2015. Acara yang diselenggarakaan di dusun Kalidadap I ini, mendapat perhatian dan antusias dari warga setempat.

Guna menjamin keamanan dan ketertiban kegiatan ini, Kapolsek Imogiri Kompol Iman Santoso menerjunkan anggotanya dilokasi. Kegiatan yang diawali dengan prosesi kirab gunungan dan pada puncaknya digelar pentas wayang semalam suntuk. Untuk menjaga ketertiban, anggota Polsek Imogiri juga mengawal jalannya prosesi kirab gunungan yang diarak keliling desa dan pertunjukan wayang yang dijadwalkan akan berlangsung semalam suntuk.

Kegiatan Merti Dusun di Kalidadap I & II Selopamioro, Imogiri ini dihadiri oleh Ibu  Hj. Sri Surya Widati selaku Bupati Bantul, Ketua DPRD Kab. Bantul Hanung Raharjo, ST, Disbudpar Kab. Bantul Drs. Bambang Legowo, M.Si,  Tokoh Masyarakat Drs. Idham Sawawi, Muspika Kecamatan Imogiri, Panit Binmas Polsek Imogiri Ipda Siswanto, Lurah Desa Selopamioro beserta perangkat desa, dan para tokoh masyarakat setempat.

Dalam sambutan tertulis yang menggunakan bahasa Jawa, Bupati Bantul menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya bagi warga Dusun Kalidadap I & II Desa Selopamioro pada khususnya, karena telah melaksanakan kegiatan Merti Dusun sebagai bentuk nguri-uri kebudayan tradisional. Disampaikan juga bahwa UNESCO sebagai lembaga Internasional yang membidangi masalah kebudayaan telah mengakui akan eksistensi budaya adiluhung bangsa Indonesia, diantaranya adalah; wayang, batik serta tari-tarian tradisional.

Dalam kesempatan itu juga  diserahkan secara simbolis tokoh pewayangan Semar oleh Ibu Bupati Bantul kepada dalang Drs. Sigit. MS, yang dalam pertunjukan wayang sebagai puncak acara merti dusun nanti akan mengangkat  cerita “Wahyu Sekar Jagat”. (Sihumas Sek Imogiri)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger