SD TRIRENGGO DIRESMIKAN MENJADI SEKOLAH SD BERBASIS BUDAYA DAN INKLUSI

Sabtu, 09 Mei 20150 komentar




Kapolsek Bantul, Kompol Fajar Pamuji, SH menghadiri peresmian SD Negeri 1 Trirenggo sebagai sekolah model pendidikan berbasis budaya dan sekolah model pendidikan inklusi, Sabtu tanggal 09 Mei 2015 pukul 08.00 wib. Peresmian dilaksanakan oleh Bupati Bantul Sri Suryawidati di SD Negeri 1 Trirenggo.

Selain Kapolsek Bantul, hadir dalam acara tersebut, Bupati Bantul, Kepala Dinas Dikpora Daerah Istimewa Yogyakarta Drs Kadarmawan Baskoro Aji,Kepala Dinas Pendidikan Dasar Kabupaten Bantul Drs Totok Sudarto, Kepala BLH Kabupaten Bantul, Camat Bantul Drs Endang Rahmawati, MM, Danramil Bantul Kapt Mujiyono, Ketua UPT PPD Kecamatan Bantul, Lurah desa Trirenggo, Kepala sekolah SD 1 Trirenggo, Guru dan karyawan SD 1 Trirenggo, Wali Murid dan siswa siswi SD 1 Trirenggo.

Acara dimulai dengan kirab budaya penyambutan Bupati dengan dinaikan Andong diiringi drum band dan pasukan bergodo dengan start dari SD Tanubayan sampai SD Negeri 1 Trirenggo. Ketua Penyelenggara sekaligus Kepala Sekolah SD 1 Trirenggo Bantul, Istiyani Kasanah mengatakan, peresmian SD Negeri 1 Trirenggo sebagai sekolah model pendidikan berbasis budaya dan sekolah model pendidikan inklusif dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional Tahun 2015.

Sebagai SD dengan program baru, SD 1 Trirenggo Bantul akan selalu berusaha meningkatkan pelayanan dalam mendidik anak bangsa, walaupun masih banyak terdapat kekurangan sarana prasarana. Kami mohon doa kepada Bupati Bantul dan Kepala Dinas Dikpora Propinsi DIY serta Kepala Dikdas Bantul agar SD 1 Trirenggo Bantul dapat melayani anak yang inklusif dengan baik dikarenakan anak yang berkebutuhan khusus memang harus terlayani dengan baik, harap Istiyani.

Bupati Bantul dalam sambutannya mengatakan, untuk mengatasi masalah budaya dan karakter bangsa adalah pendidikan. Pendidikan sebagai alternatif yang bersifat preventif, karena pendidikan membangun generasi baru bangsa yang lebih baik. Sebagai alternatif yang bersifat preventif, pendidikan diharapkan dapat mengembangkan kualitas generasi muda bangsa dalam berbagai aspek yang dapat memperkecil dan mengurangi penyebab berbagai masalah budaya dan karakter bangsa. Pendidikan merupakan dasar setiap manusia untuk menjamin keberlangsungan hidupnya agar lebih bermartabat. Karena itu negara memiliki kewajiban untuk memberikan pelayanan pendidikan yang bermutu kepada setiap warganya tanpa terkecuali, termasuk mereka yang memiliki perbedaan dalam kemampuan(difabel) atau mereka yang berkebutuhan khusus.

Selama ini anak yang mempunyai perbedaan kemampuan/difabel disediakan fasilitas pendidikan khusus yakni Sekolah Luar Biasa (SLB). Namun Tanpa disadari SLB telah membangun tembok eksklusifisme bagi anak-anak yang berkebutuhan khusus, yang tidak disadari menghambat proses saling menghargai antara anak difabel dan anak non difabel. Maka kemudian muncul sekolah konsep pendidikan inklusif, dengan salah satu tujuannya adalah untuk mendorong terwujudnya partisipasi penuh difabel dalam kehidupan bermasyarakat.

Pendidikan inklusi berupaya mengakomdasi kenyataan bahwa siswa-siswi sekolah pada dasarnya memiliki karakteristik heterogen sehingga perlu adanya materi pelajaran yang disesuaikan kebutuhan siswa, sehingga semua anak memperoleh kesempatan untuk bersama-sama belajar dan terakomodir kebutuhannya tanpa adanya diskriminasi. Kami menyampaikan terimakasih kepada jajaran SD 1 Trirenggo, masyarakat dan seluruh pihak yang telah berupaya menjadikan sekolah ini sebagai Sekolah Model Budaya dan Sekolah Model Pendidikan Inklusi, tutup Bupati.

Kepala Dinas Dikpora Daerah Istimewa Yogyakarta Drs.H.Raden Kadarmanto Baskoro Aji berharap agar SD 1 Trirenggo Bantul dapat menjadi sekolah model percontohan yang dapat menjadi tauladan sekolah-sekolah di Provinsi DIY. Untuk itu, SD 1 Trirenggo harus dapat berbenah diri, harap Kadarmanto.

Dalam giat tersebut, jajaran anggota Polsek Bantul melakasanakan pengamanan dan kegiatan berakhir jam 10.15 wib berjalan aman dan tertib. (Sihumas sek Bantul)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger