TIPS AMAN MENGAMBIL UANG DI ATM

Rabu, 06 Mei 20150 komentar



Pembobolan rekening bisa dilakukan penjahat cyber melalui sistem jaringan. Namun, ada kemungkinan bahwa bobolnya rekening juga bisa disebabkan oleh kelalaian nasabah. Oleh karena itu ada beberapa tips aman mengambil uang di ATM :

1. Perhatikan kondisi ATM yang kita kunjungi. Modus yang terjadi baru baru ini adalah meletakkan alat di lubang saat memasukan ATM. Secara kasat mata memang tidak kelihatan. Tetapi kalau d perhatikan detail, itu akan kelihatan seperti ada isolatif yang di tempelkan di mulut ATM. Alat ini yang akan mencopy data nasabah yang memasukan kartu ATMnya. Sebaiknya hindari ATM yang mencurigakan seperti itu.

2. Tutuplah keyboard saat memasukkan nomor PIN dengan tangan. Ini di maksudkan agar orang yang di belakang kita tidak mengetahui nomor PIN kita. Meskipun tidak ada orang yang sedang antri, sebaiknya tetap lakukan tips tersebut. Ini dimungkinkan ada modus menaruh kamera tersembunyi yang akan mengintai dan mengetahui nomor PIN kita.

3. Usahakan gantilah nomor PIN secara berkala agar lebih aman.

4. Jangan memberitahu PIN kita kepada orang yang belum akrab.

5. Apabila mengambil uang pada saat malam hari, usahakan memilih tempat ATM jangan ditempat yang sepi dengan orang2 disekitarnya.

6. Jika kartu ATM anda tertelan dalam mesin ATM, maka mintalah Satpam ATM setempat untuk segera mengisolir lokasi tersebut dengan memberikan pengumuman "Mesin ATM ini rusak", dan segeralah hubungi nomor yang dapat dihubungi untuk menampung keluhan anda. Jika kantor bank yang bersangkutan bersebelahan dengan mesin ATM yang menelan kartu anda tadi, sebelum anda menelepon pihak ATM, sebaiknya mintalah print out rekening untuk mengetahui Outstanding saldo rekening anda pada jam tersebut, untuk menghindarkan hal-hal yang tidak diinginkan. (misalnya kesalahpahaman mengenai sisa saldo tabungan yang masih anda miliki). Usahakan setiap anda menelepon menyampaikan keluhan anda, anda wajib mengetahui identitas orang yang anda hubungi tersebut.

7. Jika kartu ATM anda tertelan mesin ATM, maka cobalah anda raba lubang masuknya kartu ATM pada mesin ATM yang anda pakai, kalau memang itu permainan dari penjahat dengan modus telan kartu ATM, maka anda akan dapat menemukan suatu alat seperti sejenis jepitan, korek apai atau lidi dsb , cobalah anda tarik benda tsb, Insya Allah kartu anda akan kelihatan terkait disana.

8. Jangan mudah percaya dengan orang yang baru anda kenal dan menawarkan bantuan kepada anda utk menelpon costumer service bank tsb dari handphone orang yang baru anda kenal krna diduga itu bukan nomor costumer service dari bank ATM tsb.

Ingat......! kejadian ini sudah berulang terjadi, jangan sampai anda korban berikutnya. Semoga tips ini dapat bermanfaat bagi kita semua agar terhindar dari segala tindak kejahatan.

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger