PENENTUAN AWAL RAMADHON 1436 H, HILAL TIDAK KELIHATAN DI BUKIT MAKAM SYECH BELA BELU

Rabu, 17 Juni 20150 komentar



Selasa, 16 Juni 2015 pukul 16.00 Wib di pos obesrvasi bulan (POB) bukit makam Syech Bela-Belu, dusun Gogol IX, Parantritis, Kretek, Bantul berlangsung pengamatan hilal penentuan awal Ramadhan 1436 H.

Kegiatan diikuti lebih kurang 200 orang penyelenggara Badan Hisan Rukyat (BHR) Kemenag DIY. Hadir dalam giat Kemenag DIY. Drs Zenal Abidin M. Pdi, Ketua BHR DIY, Drs Mashuri MSi, Ketua BHR Indonesia Bp. Mutoha Arkaenudin, BMKG DIY, Kemenag Bantul, Kemenag Yogyakarta, Perwakilan kantor Kemenag dari Jateng (Kab. Boyolali, Kab Klaten, Sukoharjo, Karanganyar, Muspika Kretek, Perwakilan MUI DIY, Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga, Mahasiswa UII Yogyakarta, Perwakilan NU Perwakilan Muhammadiyah dan Perwakilan MMI Yogayakarta.

Sambutan ketua BHR DIY, Drs Mashuri Msi mengucapkan selamat datang dan terimakasih kepada para undangan, pimpinan ormas Islam, tokoh agama, masyarakat dan mahasiswa dalam rangka melakasnakan rukyatul hilal. Rukyatul hilal merupakan salah satu teori untuk menentukan awal Ramadhan sesuai perintah Nabi Muhammad S.A.W. Namun bila tidak bisa melihat bulan akan istikmal dengan menggenapkan puasa ramadahn 30 hari.

Di wilayah daerah istimewa Yogyakarta ada 3 lokasi pengamatan hilal yaitu bukit Patuk Gunung Kidul, Bukit makam Bela Belu Parangtritis, Bantul dan pantai Trisik, Kulon Progo.

Berhasil melihat hilal maupun tidak dari 3 tempat pengamatan tersebut hasilnya tetap dilaporkan ke BHR Pusat Jakarta sebagai bahan sidang isbat. Yang akan dikumpulkan dari seluruh wilayah pengamatan di seluruh Indonesia.

Kemenag DIY, Bp. Drs Zenal Abidin M.Pdi menjelaskan sesuai dengan hisab kemungkinan kecil hilal bisa terlihat sore hari ini. Meski dari ormas Islam Naksabandiyah sudah melaksanakan puasa mulai hari ini. Namun demikian kita tetap menunggu hasil sidang isbat dari pemerintah di Jakarta.

Ketua BHR Indonesia Bp. Mutoha Arkaenudin mengatakan peralatan yang dipakai pengamatan ini adalah telescop milik Astoromi Taman Pintar Yogyakarta, BMKG DIY, BHR DIY, Fak Syariah UII Yogyakarta dan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Sementara dalam pengamanatan hilal pada pukul 17.29 Wib dari pos obserwasi bulan bukit makam Bela Belu Parantitis hilal tidak kelihatan baik tanpa alat maupun menggunakan alat telescop.

Selanjutnya hasil pengamatan dari lokasi ini akan dilaporkan ke Jakarta sebagai bahan sidang isbat di Jakarta. Penentuan awal Ramadhan menunggu hasil pengamatan dari wilayah lain diseluruh Indonesia yang akan dikumpulkan dalam sidang sidang isbat. Namun demikian kemungkinan besar awal ramadhan jatuh pada hari kamis tanggal 18 Juni 2015. Selama kegiatan berlangsung aman dan lancar dengan pengamanan oleh Personil Polsek Kretek. (Sihumas Sek Kretek)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger