PERINGATAN HARI LINGKUNGAN HIDUP SEDUNIA DI KABUPATEN BANTUL TAHUN 2015

Rabu, 17 Juni 20150 komentar



Selasa, 16 Juni 2015 pukul 08.15 wib bertempat di kantor Badan lingkungan Hidup Komplek Perkantoran Pemda Manding Bantul telah berlangsung peringatan hari lingkungan hidup sedunia.

Hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Bantul Drs. H. Sumarno PRS , Sekda Kab. Bantul Drs. Riyantono Msi, DPRD kab bantul, kepala BLH Drs. Eddy Susato (pimp saka kalpataru kwattir cab. Bantul), Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, DPRD Kab. Bantul, Ka SKPD Kab. Bantul, Ka Kwarcab kab. Bantul Drs. H Edy Bowo Nurcahyo MA, Direktur Bank sampah Bantul Suhendra serta tamu undangan lebih kurang 150 orang.

Sambutan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Ir Siti Nurbaya MSc yang dibacakan oleh Wakil Bupati Bantul Drs H Soemarno PRS menyampaikan menteri Kementerian Lingkungan Hidup tidak memungkiri bahwa dalam enam bulan terakhir ini pihaknya menyaksikan dan merasakan berbagai masalah yang mengemuka, yang diakibatkan berbagai kegiatan, dan berakibat merusak bentang alam kita. Antara lain merusak lingkungan, dan bahkan diantaranya menimbulkan bencana alam. Kementerian yang dipimpin oleh Dr Ir Siti Nurbaya MSc ini juga tidak menutup mata, bahwa berbagai masalah yang kompleks dan cukup berat itu, akibat dan ekses dari kebijakan dan implementasi serta supervise dan kesadaran yang belum menguat pada aspek dan arti penting lingkungan. Terutama kebijakan yang berkaitan alokasi, eksplorasi dan sumber daya alam, khususnya suymber daya lahan, hutan, dan tambang.

Menurut Mentreri, kekuatan sumber daya hutan,khususnya dalam pemerintahan sat ini menjadi penting yang diorientasikan sebagai sumber kesejahteraan masyarakat, yang akan dikembangkan dalam berbagvai skema perhutanan social, hutan desa, hutan kemasyarakatan, serta hutan berbasis masyarakat dan lainnya. Semua itu ditujukan untuk kesejahteraan yang harus kita raih bagi masyarakat, bangsa kita yang terus menapak maju tersebut. Namun demikian,diperlukan berbagai partisipasi aktif dari berbagai pihak, baik LSM, komunitas masyarakat dan sebaginbya. Diharapkan, dapat meningkatkan edukasi yang berfokus pada efentivitas dan efisiensi dalam pemanfaatan sumber daya alam kita.

Kesempatan tersebut, diserahkan hadiah berbagai lomba. Diantaranya ,lomba kalpataru kategori pengabdi lingkungan yang diraih M Aris Kusnanta SHut ( BPP Kecamatan Pajanagan ),kategori Pembina lingkungan ( Jumali ) dari Salakan Banguntapan, kategori perintis lingkunganb ( Slamet Widodo ( Kedungjero Pleret ), dan kategori penyelamat lkingkungan ( Daviq Darmawan,dari Seloharjo Pundong. Diserahkan juga secara simbolis gerobag sampah kepada kelompok pengelola sampah Ngudimulyo Pete, dan bantuan lainnya.

Kesempatan tersebut, Kakawrarcab Pramuka Bantul Drs Edy Susato melantik dan mengukuhka KEPENGURUSAN Saka ( Satuan Karya ) Pramuka Lingkungan Hidup, dengan pembimbing I Wahyudi SPd, Pembimbing II Bariyah SPd, ketua I Fikri Ari Nugroho, II Lutfi Indriyani Muslikhah, bendahara I Aditya Pangestu, II Anggawati.

Selama berlangsungnya kegiatan berjalan aman dan tertib dengan pengamanan dari personil Polsek Bantul. (Sihumas Sek Bantul)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger