POLRES BANTUL GULIRKAN BERBAGAI TEROBOSAN CEGAH PERKEMBANGAN PAHAM RADIKAL

Selasa, 30 Juni 20150 komentar



Untuk mencegah perkembangan paham radikal termasuk islamic State of Iraq and Syiria (ISIS) ditengah masyarakat maka Satuan Intel Polres Bantul serta Satuan Binmas Polres Bantul berusaha melakukan berbagai upaya / terobosan untuk mencegah perkembanganya.  Agar  target  tersebut tercapai, petugas turun langsung ke lapangan dengan orientasi melakukan pencegahan serta sosialisasi. Mulai dari lingkungan pesantren hingga kampus.

Kasat Intel Polres Bantul,  AKP  Bayu  Dewasta SIK SH, Senin 29 Juni 2015 menjelaskan,  dalam upaya mencegah paham-paham  garis  keras tumbuh dan berkembang. Berbagai metode pencegahan dilakukan, diantaranya dengan deradikalilasi.  Strategi itu merupakan konsep menetralisir paham radikal bagi mereka yang terlibat dalam teroris. Selain itu, para simpatisannya serta anggota masyarakat yang telah terekspos paham-paham radikal bisa dicegah dengan resosialisasi serta penanaman multikuralisme. “Deradikalisasi merupakan perubahan pola dalam penanganan terorisme saat ini, konsep ini menjadi formula terbaru dalam mengatasi ancaman terorisme,” ujar Kasat Intel.

Dijelaskan, program deradikalisasi punya multi tujuan bagi penanggulangan terkait terorisme, diantaranya mencegah terjadinya proses radikalisme, mencegah provokasi, penyebaran kebencian serta permusuhan antar umat beragama. Selain itu juga melindungi masyarakat dari indoktrinasi.  Sementara Kasat Binmas Polres Bantul AKP B Muryanto menambahkan, sejumlah sosialisasi terkait  perlunya menangkal radikalisasi dan deradikalisasi. Salah satunya dilakukan di Pondok Pesantren Hamalatul Quran Kembaran Tamantirto Kasihan Bantul. Tidak hanya itu petugas juga melakukan kegiatan serupa di UMY. Kegiatan tersebut merupakan bentuk dukungan terhadap program kerja 100 hari kapolri. (Bag Humas Res Bantul)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger