BILA MACET SAAT LIBUR LEBARAN, JALAN PARIS AKAN DIALIHKAN LEWAT JEMBATAN PUNDONG

Kamis, 09 Juli 20151komentar




Kepolisian Resort Bantul akan merekayasa lalu lintas di jalur wisata Jalan Parangtritis apabila dalam lebaran nanti terjadi kemacetan. Rekayasa lalu lintas ini bertujuan mengantisipasi kesemerawutan dan kemacetan kendaraan para wisatawan yang akan berwisata di Pantai Parangtritis.

Kabag Ops Polres Bantul, Kompol M. Qori Oktohandoko, SIK yang didampingi Kasat Lantas, Kaur Bin Ops Lantas, Kanit Dikyasa dan sejumlah instansi terkait seperti dari Dishub dan Dinas PU Kabupaten Bantul melaksanakan survey rekayasa lalu lintas titik rawan di jalur wisata Jalan Parangtritis, Kamis, 9 Juli 2015.

Menurut Kanit Dikyasa Sat Lantas Polres Bantul, Iptu Firdaus Canggih Pamungkas, SIK, rekayasa lalu lintas akan dilakukan apabila terjadi kemacetan, baik dari arah Yogyakarta menuju ke Pantai Parangtritis maupun sebaliknya.

“Jika di TPR terjadi tumpukan kendaraan yang berpotensi menyebabkan kemacetan di Jalan Parangtritis, maka khusus kendaraan pribadi dan roda dua dari arah Yogyakarta menuju ke Pantai Parangtritis akan dialihkan ke jalur alternatif melalui pertigaan Sempalan Pundong yang melawati Jembatan Pundong dan akan masuk kembali ke Jalan Parangtritis di selatan Jembatan Kretek, sedangkan kendaraan dari arah Pantai Parangtritis menuju Yogyakarta akan dialihkan lewat jalur Parangkusumo Depok dan akan masuk Jalan Parangtritis lagi di TPR Induk,” beber Iptu Firdaus Canggih.

Menurut Iptu Firdaus Canggih, kebijakan ini sengaja diambil guna mencegah terjadinya kemacetan dan memberikan kenyamanan bagi para wisatawan yang ingin berliburan di Pantai Parangtritis.

“Menilik pengalaman tahun-tahun sebelumnya, setiap musim libur Lebaran tiba, Jalan Parangtritis selalu penuh sesak dengan kendaraan para wisatawan, sehingga perlu dilakukan rekayasa lalu lintas untuk mengurai kemacetan,” imbuh Iptu Firdaus Canggih.

Tak hanya melaksanakan survey rekayasa lalu lintas, rombongan juga melaksankan survey rambu-rambu lalu lintas dan jalan yang memerlukan perbaikan. Dari hasil survey tersebut, dibeberapa titik ditemukan  jalan yang terindikasi mengalami kerusakan ringan dan Dinas PU akan berupaya segera memperbaikinya.

Sementara itu, Kabag Ops Polres Bantul, Kompol M. Qori Oktohandoko, SIK disela-sela saat meninjau lokasi menghimbau kepada masyarakat agar dalam berkendara jangan sampai melanggar marka jalan, selain dapat mengakibatkan kesemrawutan dan kemacetan juga dapat membahayakan keselamatan.
                                              
“Jangan lupa untuk selalu berhati-hati, semoga masyarakat dapat melaksanakan liburan dengan aman dan nyaman, serta dapat kembali ke rumah dengan selamat,” tutup Kabag Ops. (Bag Humas Res Bantul)

Share this article :

+ komentar + 1 komentar

17 Januari 2016 pukul 12.34

Selamat dan sukses selalu buat Pak Qory Okto Handoko, ...mantan Kapolsek Kelapa Lima Kodya Kupang

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger