PENGAJIAN RUTIN KAMIS PAGI ANGGOTA POLSEK BANTUL

Kamis, 02 Juli 20150 komentar



Kamis, tanggal 2 Juli 2015 jam 08.00 wib bertempat di Musholla Ittihaj komplek Polsek Bantul berlangsung pengajian rutin Kamis pagi jajaran anggota Polsek Bantul.

Kegiatan didahului dengan pembacaan surat Yaasin yang dipimpin Aiptu Banaji dan diikuti anggota yang beragama Islam. Sebagai penceramah yaitu ustadz Muchsin dari Pondok Pesantren Putri Hidayatul Mubtadi-at Tajeman, Palbapang, Bantul.

Dalam ceramahnya ustadz Muchsin menyampaikan tentang zakat fitrah. Dalam ceramahnya beliau menyampaikan, setiap umat manusia mempunyai syari’at  sendiri-sendiri. Kadang-kadang syari’at suatu umat hanya berlaku untuk umat itu sendiri atau boleh juga diperuntukan umat berikutnya. Syariat yang diberlakukan umat berikutnya, maka kedudukan nabi yang membimbing umat terakhir itu sebagai penguat dan penerus syari’at nabi sebelumnya. Nabi Muhammad Saw sebagai nabi terakhir mempunyai beberapa syari’at yang tidak dimiliki oleh umat sebelumnya yakni zakat fitrah.

Zakat fitrah menurut bahasa adalah segala sesuatu yang dikeluarkan untuk pembersih dari badan manusia, sedangkan menurut fuqohak zakat fitrah adalah makanan  pokok suatu daerah muzaki (pemberi zakat fitrah) yang berfungsi sebagai pembersih badan dan dosa-dosa muzaki.

Seseorang akan terkena kewajiban membayar zakat fitrah apabila memenuhi beberapa syarat, yakni beragam Islam, menjumpai terbenamnya matahari akhir bulan ramadhan dan mempunyai kelebihan kebutuhan hidup untuk dirinya sendiri  dan orang atau binatang yang nafkah dan kehidupannya menjadi tanggungjawabnya.

Zakat fitrah yang harus dikeluarkan untuk setiap muslim ialah satu sho’ dari makanan pokok muzaki. Sedangkan satu sho’ sama dengan 4 mud. Menurut sebagian besar ulama 4 mud sama dengan 2,5 kg. Selesai ceramah dilanjutkan dengan Tanya jawab dan pengajian berakhir jam 09.30 wib. (Sihumas Sek Bantul)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger