KONTES ROBOT BADMINTOON DI SPORTORIUM UMY

Senin, 24 Agustus 20150 komentar



Minggu, 23 Agustus 2015 pukul 09.00 Wib bertempat di Gedung Sportorium kampus UMY Terpadu Jalan Ringroad Barat Tamantirto Kasihan Bantul telah berlangsung pembukaan kegiatan Abu asia Pasivic Robot Contest Robocon Robominton Badminton Robot Game 2015.

Kegiatan diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) dan Televisi Republik Indonesia bekerjasama dengan Universitas Muhamadiyah Yogyakarta (UMY) dan dihadiri oleh Menkominfo Bapak Rudiantara, Dirjen penguatan dan pengembangan Kemenkominfo Muhamad Dimyati, Direktur DP2M Kemenkominfo Ocky Karna Rajasa, DP2M Kemenristek Prof Agus Subekti, Rektor UMY Prof Dr Bambang Cipto MA, Ketua majelis Dikti PP Muhamadiyah Dr Chairil Anwar, Direktur utama TVRI Ir Iskandar Achmad, Dir Program dan berita TVRI Markus RA Prasetyo dan sejumlah tamu undangan VIP dari 18 perwakilan negara asia pasific dari China, Mesir, Fiji, Hongkong, India, indonesia, Iran, Japan, Korea, Malaysia, Mongolia, Nepal, Pakistan, rusia, srilanka, Thailand, Vietnam dan Khazakistan serta undangan sebanyak 1000 Orang.

Kegiatan diawali dengan pawai parade dari peserta kontestan dilanjutkan dengan sambutan oleh Direktur utama TVRI Yogyakarta Ir Iskandar Achmad MM menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak demi suksesnya kegiatan Robocon dikawasan Asia Pasific dan suatu kehormatan bagi TVRI untuk menyiarkan secara langsung bagi kontes robot ini karena TVRI merupakan salah satu stasiun pendidikan, dan diharapkan kegiatan ini dapat memacu untuk meningkatkan perkembangan Imtek khususnya robot di Indonesia.

Kegiatan dilanjutkan dengan pengucapan sumpah oleh para kontestan perwakilan dari Indonesia dan Pakistan serta pengenalan dewan juri dan wasit dari Indonesia, Japan dan India. Dilanjutkan dengan sambutan Menkominfo yang menyampaikan tentang kegiatan ini merupakan pertandingan badminton yang berbeda dengan manusia karena pemainya dilakukan oleh robot diharapkan Indonesia tampil sebagai juaranya karena sebagai tuan rumah.

Menkominfo mengucapkan selamat bertanding, menang atau kalah bukanlah hal yang utama tetapi lebih mengembangkan teknologi robot.

Adapun pemenang pada kontes robot ABU Robocon 2015 ini yakni, Juara Robocon 2015 dan penerima ABU Robocon Award adalah Vietnam, Runner Up 1 diraih oleh Hong Kong, Runner Up 2 yang pertama diraih oleh Indonesia, sedang Runner Up 2 yang kedua diraih oleh Thailand.

Best Idea Award diberikan pada Nepal, Best Engineering Award China, dan Best Desain Award Malaysia. Kemudian untuk Special Award diberikan dari Panasonic Award kepada ITB, Toyota Award kepada India, Mabuchi Motor Award untuk Nepal, Nagase Award untuk Jepang, Rhom Award untuk Thailand, dan NOK Award untuk China.

Kontes robot ABU Robocon ini juga akan diselenggarakan kembali tahun depan di Bangkok, Thailand. Tema pada ABU Robocon 2016 ini adalah Clean Energy Recharging The World yang berfokus pada energi terbarukan untuk memperbaiki bumi. Kegiatan selesai pukul 17.00 Wib berjalan dengan aman dan lancar dengan pengamanan dari anggota Polsek Kasihan. (Sihumas Sek Kasihan)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger