PENGAMANAN GELAR POTENSI DESA BUDAYA TRIWIDADI TAHUN 2015

Rabu, 09 September 20150 komentar



Selasa, 8 September 2015 jam 20.00 Wib, Kasihumas Polsek Pajangan Aiptu Sunarto memimpin pengamanan acara Gelar Potensi Desa Budaya Triwidadi Pajangan bertempat di Balai Desa Triwidadi Pajangan.

Acara dihadiri Camat Pajangan Dra. Sri Kayatun, Ketua Panwascam Kec. Pajangan Zandaru, Lurah Triwidadi Slamet Riyanto, Ketua LPMD Drs. Sukamtri, Ketua Panitia Kegiatan Drs. Sumar, Koramil Pajangan Peltu Rasula, Bhabinkamtibmas Desa Triwidadi Aipda Ngadiman, Babinsa Koramil Pajangan Sertu Agus Pamungkas, Ketua Karang Taruna Asung Bhakti Desa Triwidadi Sdr. Nur Huda Waskita Yoga, Pamong Desa Triwidadi, para Kepala Dukuh Triwidadi, Ketua RT dan tamu undangan lainnya. Kegiatan disaksikan mayarakat ± 500 orang.

Drs. Sumar sebagai Ketua panitia kegiatan dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini diselenggarakan selama 2 hari, 7 – 8 September 2015. Kegiatan  gelar potensi Desa Budaya Triwidadi dilaksanakan dalam bentuk workshop dengan tema “Penguatan Desa Budaya Tahun 2015” dengan peserta sejumlah 24 orang.

Tanggal 7 September 2015 workshop hari pertama dengan nara sumber Bpk. Sumidi Hadi Prayogo (Ketua Desa Budaya Triwidadi) yang menyampaikan Potensi Khas Budaya Ngayogyokarto kemudian dilanjutkan oleh nara sumber Lurah Triwidadi Slamet Riyanto dengan materi Peran Pemerintah terhadap adat tradisi dan seni Budaya. Workshop hari ini Selasa 8 September 2015 dengan nara sumber Ki Sukimin Hadi Suwarno yang menyampaikan materi tata iringan dan kembang dan dengan nara sumber Ki Saridal, S.Pd yang menyampaikan materi tata rias, kostum dan keaktoran.

Puncak acara sebagai penutupan ditampilkan potensi seni Desa Budaya Triwidadi diantaranya Panembromo oleh Perangkat Desa Triwidadi, Tari Golek Ayun-Ayun yang dimainkan oleh Sdri. Yesi dan Ika, Kesenian Gejog Lesung dari Butuh Kidul kelompok Mekar Sari, Tari Kenyo Tinembe yang mainkan oleh Sdri. Ayiyah dan Yudian dan yang terakhir pentas Kethoprak Tri Manunggal yang dimainkan Pamong, Kepala Dukuh, pemain seni dan anak-anak muda Desa Triwidadi, lakon yang dimainkan berupa “Sumilak Ing Pedhut Rancang Kencono” pimpinan Ki Saridal, S.Pd.

Drs. Saridal menyampaikan ucapan terimakasih Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Bantulyang telah membantu pendanaan kegiatan ini, ucapan terimakasih juga disampaikan kepada Camat Pajangan, Lurah Desa Triwidadi, Kapolsek Pajangan, Karang taruna Desa Triwidadi dan seluruh pihak yang telah membantu, mendorong dan memberikan fasilitas sehingga acara pada malam ini dapat terselenggara. Terakhir Ia menyampaikan pamit Ketua Desa Budaya Triwidadi tidak dapat hadir karena harus mendapingi kelompok Macopat tampil di Kab. Bantul.

Camat Pajangan Dra. Sri Kayatun memberikan apresiasi yang baik dengan diselenggarakan acara ini. kita hasrus menanamkan kecintaan Kesenian dan Kebudayaan khas daerah dan asli Indonesia kepada generasi penerus kita, jangan sampai mereka terpengaruh terhadap Kebudayaan luar negeri yang belum tentu cocok dengan Budaya Bangsa Indonesia. Pajangan sudah banyak kemajuan dan mendapat perhatian dari Pemerintah Kab. Bantul dan Pemerintah daerah Daerah Istimewa Yogyakarta, perbaikan fasilitas jalan, perindustrian dan fasilitas pendidikan. Desa Triwidadi mendapat bantuan seperangkat Gongso (Gamelan), keyboard dan perlengkapan Hadroh sehingga generasi muda Triwidadi dapat menyalurkan bakat mereka. Potensi yang dapat dikembangkan di Desa Triwidadi dan Kec. Pajangan yaitu potensi Wisata, potensi Budaya dan potensi industri yang sudah dimulai dalam program MP3KI.  Dam Kamijoro nantinya akan dikembangkan untuk potensi Wisata sejarah dari yang sebelumnya hanya untuk pengairan. Tahun 2017 nantinya akan dimulai. Seni dan Budaya serta Dam Kamijoro di Pajangan sudah mendapat rehabilitasi dan bantuan dari dana Keisimewaan Yogyakarta. Dana hibah saat ini agak sulit. Potensi Budaya nantinya diharapkan dapat mendukung potensi Pariwisata di Dam Kamijoro tersebut. Ia berharap Gelar Potensi Desa Budaya Desa Triwidadi dapat terus dilaksanakan dan semoga mendapat manfaat dan barokah dari Alloh SWT.

Banyak masyarakat Desa Triwidadi yang antusias menyaksikan pentas gelar Desa Budaya triwidadai Tahun 2015. Gelaran Potensi Desa Budaya Triwidadi malam itu langsung diiringi karawitan dari Kelompok Antrigeni (Anak Triwidadi Gemar Seni) yang dipimpin oleh Bpk. Sukimin Hadi Suwarno.

Hingga selesainya kegiatan gelar Desa Budaya Triwidadi di Balai Desa Triwidadi Pajangan, situasi berakhir dalam keadaan aman kondusif. (Sihumas Sek Pajangan)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger