KIRAB BUDAYA DI PANTAI GUA CEMARA

Jumat, 16 Oktober 20150 komentar



Warga pesisir Pantai Gua Cemara, Dusun Patihan, Desa Gadingsari, Kecamatan Sanden, Bantul menggelar kirab budaya Wisata Manunggal Pantai Gua Cemara 2015, Rabu 14 Oktober 2015 pukul 10.00 Wib. 

Tradisi tersebut bagian semangat masyarakat dikawasan untuk mempromosikan daerahnya sebagai tujuan wisata. Tidak kalah penting dari kegiatan itu adalah sebagai bentuk pengharapan agar diberikan kemudahan dalam mencari rezeki, sehingga kesejahteraan semakin meningkat.

Kegiatan ini dihadiri oleh Perwakilan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bantul Bapak Agus Hari, Muspika kecamatan Sanden, Perangkat Desa Gadingsari, tamu undangan serta ribuan warga masyarakat yang ingin menyaksikan prosesi kirab budaya ini.

Dalam Kirab Budaya ini diarak berbagai macam uba rampe seperti tumpeng "sego kuning", gunungan buah-buahan, dan "wedhus kendit" (kambing hitam yang ada lingkaran putih di perutnya). Arak-arakan dimulai dari rumah Dukuh Patihan Bapak Agus Widodo . Sesampainya di Gua Cemara, uba rampe didoakan di Pendopo Gua Cemara. Kemudian bunga dan "wedhus kendit" dilarung di Pantai Gua Cemara. Sedangkan  Gunungan buah-buahan direbut oleh wiasatawan yang hadir. Selain itu wisatawan juga bisa menikmati 3000 bungkus nasi kuning gratis yang disediakan oleh panitia.

Kirab budaya di Gua Cemara sudah digelar empat kali. Dengan penyelenggaraan kirab budaya ini diharapkan tradisi ditengah masyarakat terus lestari apapun itu bentuknya karena budaya merupakan elemen terpenting dalam kehidupan masyarakat.

Kapolsek Sanden AKP Joko Wuryatmoko,S.Sos menerjunkan hampir seluruh anggotanya untuk mengamankan kegiatan kirab budaya ini. Kehadiran personil Polsek Sanden di lapangan sangat diperlukan salah satunya untuk pengamanan jalur arak-arakan dan mengatur arus lalu lintas. Kegiatan berakhir pada pukul 13.00 Wib dan berlangsung dengan aman dan tertib. (Sihumas Polsek Sanden)


Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger