SOSIALISASI PEMUNGUTAN SUARA DAN PEMBENTUKAN KPPS DESA TRIWIDADI

Jumat, 30 Oktober 20150 komentar



Sesuai dengan jadwal tahapan Pilkada Bantul, PPK Pajangan mengadakan sosialisasi pemungutan suara dan pembentukan KPPS di balai Desa Triwidadi Pajangan, Rabu, 28 Oktober 2015 pukul 20.00 Wib.

Kegiatan ini dihadiri perwakilan Lurah Triwidadi Bpk. Giyanta S.Pd, Ketua PPS Triwidadi Ibu Supriyati, SIP bersama anggotanya, anggota PPK Kec. Pajangan Teguh Rahayu Slamet dan Mukhlis Nur Huda, PPL Desa Triwidadi Pardiyono serta tamu undangan calon KPPS se Desa Triwidadi kurang lebih 161 orang.

Ketua PPS Triwidadi Supriyati S.IP dalam kesempatan tersebut menjelaskan mengenai berbagai Tahapan Pelaksanaan Pemilihan Bupati & Wakil Bupati Bantul Tahun 2015. Supriyati juga menjelaskan, untuk pemilih yang tidak terdaftar dalam DPT dan DPTb-1 dapat menggunakan hak pilihnya satu jam sebelum selesainya Pemungutan Suara di TPS berakhir. Pemilih tunanetra, tunadaksa, atau penyandang disabilitas lainnya yang mempunyai halangan fisik lain dapat dibantu oleh pendamping yaitu anggota KPPS atau orang lain atas permintaan pemilih yang bersangkutan. Pendamping yang ditunjuk membantu Pemilih wajib merahasiakan pilihan Pemilih yang bersangkutan.

Sementara itu Anggota PPK Kec. Pajangan Bpk. Teguh menjelaskan sesuai surat edaran KPU Kab. Bantul Nomor : 468/KPU-Kab/Btl-013.329600/X/2015, KPPS sudah terbentuk paling akhir pada tanggal 8 Nopember 2015, KPPS diangkat dan diberhentikan oleh PPS atas nama Ketua KPU Kabupaten Bantul, PPS wajib melaporkan pembentukan KPPS kepada KPU Kabupaten Bantul dan  Pembentukan anggota KPPS memperhatikan sumber daya manusia dari pengurus Rukun Tetangga (RT), Tokoh Masyarakat, PNS,Tokoh Perempuan, Tokoh disabilitas Tokoh Pemuda/Karangtaruna. Kouta untuk wanita sebanyak 30 persen dari jumlah 7 anggota KPPS (2-3 orang).


Untuk diketahui, Desa Triwdadi terdiri dari 22 pedukuhan dan memiliki 23 TPS dalam Pilkada Bantul nanti. Khusus untuk Dusun Plambongan memiliki 2 TPS karena jumlah penduduknya melebihi batas 1 TPS. (Sihumas Polsek Pajangan)
Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger