FESTIVAL GEJLUG LESUNG SETINGKAT DIY

Selasa, 27 Oktober 20150 komentar



Festival Gejog Lesung tingkat DIY Tahun 2015 yang diprakarsai Dinas Pariwisata DIY dilaksanakan di Lapangan Bola Voli Tingkir dusun Krebet RT 04 Sendangsari Pajangan Bantul, Sabtu 24 Oktober 2015 jam 08.00 Wib. Peserta vestifal ini ada 11 Grup yang masing masing grup mewakili desa/kampung wisata di DIY.

Acara dihadiri oleh Kapolsek Pajangan AKP Riwanta beserta Bhabinkamtibmas Desa Sendangsari Aipda Tetepana, Camat Pajangan Dra. Sri Kayatun, H. Sapta Sarosa, S.Psi anggota DPRD Kab. Bantul dari Krebet, Kepala Seksi Kelembagaan Dinas Pariwisata DIY Haris Iskandar, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Bantul Ibu Nyoman, Dewan juri yang terdiri dari Joko Kuntoro (ASITA DIY), Okto Lampito (Media), Y. Subowo ( ISI ), Pendamping Kesenian dan Kebudayaan untuk Kec. Pajangan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata DIY Ibu Kurniawati Dwi Rahayu dan Ananda Elzaniar P.

Kepala Seksi Kelembagaan Haris Iskandar mengatakan, dalam festival itu panitia ingin gejog lesung tidak sekedar sebuah kesenian warisan leluhur yang patut dipertahankan. Namun diera sekarang ini, gejog lesung harus mampu menggeliat dari aspek ekonomi. “Kami menyadari realita sekarang ini secara tidak langsung menyisihkan kehadiran kesenian tradisional itu coba kami tepis dengan festival ini,” katanya.

Meski begitu dengan festival-festival akan diyakini mampu memberikan efek positif dalam perkembangannya kesenian tradisional. Festival ini, diyakini mampu menumbuhkan motivasi memepelajari kesenian gejog lesung, katanya.

Setelah dilakukan penilaian juri, akhirnya didapat pemenang dalam festival itu. Juara 1-3 yakni,  Desa Wisata Krebet Bantul, Kampung Wisata Kadipaten Kota Yogyakarta. Desa Wisata Langensari Gulurejo Lendah Kulon Progo.

Juara harapan 1-3 yakni, Desa Wisata Mangunan Bantul, Kampung Wisata Rejowinangun Kota Yogya, Desa Wisata Sekartejo Nglipar Gunung Kidul. Sementara juara  favorit, yakni Desa Wisata Ketingan Tirtoadi Sleman.

Hingga selesainya kegiatan ini situasi masih tetap dalam keadaan aman tertib dengan pengamanan oleh personil Polsek Pajangan. (Sihumas Polsek Pajangan)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger