GUBERNUR DIY RESMIKAN GUDANG CADANGAN LDPM GAPOKTAN PATALAN JETIS

Kamis, 19 November 20151komentar



Gubernur DIY, Sri Sultan HB X meresmikan gudang cadangan Lembaga Ditribusi Pangan Masyarakat (LDPM) Gapoktan Patalan Jetis Bantul, Rabu, 18 Movember 2015.

Hadir dalam kegiatan ini Kepala Bagian Distribusi  Badan Ketahanan Pangan RI Dr Beni Rahman, MSc, Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan DIY Ir. Arofah Nur Indriyani, Msi, Waka Polres Bantul Kompol M. Qori Oktohandoko, SIK, Forkopimda Bantul serta tamu undangan lainnya.

Peresmian gudang cadangan ini bertujuan untuk mengantisipasi kekurangan pangan pada masa paceklik. Oleh karenanya, Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) “Patalan” Desa Patalan, Kecamatan Jetis, Bantul, mendirikan gudang atau lumbung pangan untuk menyimpan hasil panen para petani.
 
Dalam sambutannya Sri Sultan HB X mengatakan bahan pangan beras merupakan kebutuhan pokok terutama di wilayah DIY khususnya Bantul. Namun cuaca yang sering berubah kadang membuat panen gagal sehingga persediaan gabah terganggu.
 
Pangan merupakan barang strategis karena menjadi penentu pertahanan dan keamanaan soasial dan politik, sehingga tidak heran jika pangan menjadi bagian penting dari kebijakan ekonomi di semua negara.

Lebih lanjut dikatakan untuk mewujudkan kecukupan pangan bagi seluruh penduduk, maka diperlukan usaha peningkatan produksi, dan manajemen cadangan pangan yang efektif dan efisien. Perubahan iklim yang tidak menentu dan masa panen yang tidak merata membuat masyarakat harus menyediakan bahan pangan yang cukup.
 
Kegiatan dilanjutkan dengan pengguntingan pita oleh Gubernur DIY Sri Sultan HB X sebagai tanda peresmian gudang cadangan dan penandatanganan prasasti peresmian gudang cadangan pangan gapoktan. Acara peresmian diakhiri dengan ramah tamah dan menikmati hidangan hasil pertanian masyarakat Patalan

Selama berlangsungnya kegiatan personil dari Polsek Jetis dan Sat Sabhara Polres Bantul melakukan pengamanan hingga kegiatan berakhir dalam keadaan aman tertib. (Sihukmas Polsek Jetis)
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger