PELANTIKAN DAN PENGAMBILAN SUMPAH KPPS DESA TIRTOMULYO KRETEK

Jumat, 20 November 20151komentar



Ketua PPS Desa Tirtomulyo, Munandar, SPd resmi melantik sekaligus mengambil sumpah Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Desa Tirtomulyo di Gedung Serbaguna Desa Tirtomulyo Kretek Bantul pada hari Kamis, 19 November 2015 pukul 19.00 Wib.

Hadir dalam kegiatan tersebut Muspika Kecamatan Kretek, Pj Kepala Desa Tirtomulyo  Sarjiman,  SIP, ME, Bhabinkamtibmas Desa Tirtomulyo Brigadir Suharyono serta tamu undangan lainnya.

Setelah dilantik, KPPS akan mengawali tugasnya yang meliputi mengumumkan dan menempelkan daftar pemilih tetap di TPS. Kemudian menyerahkan daftar pemilih tetap kepada saksi peserta Pemilu yang hadir dan Pengawas Pemilu Lapangan, melaksanakan pemungutan dan penghitungan suara di TPS dan mengumumkan hasil penghitungan suara di TPS.

KPPS juga berwenang untuk menindaklanjuti dengan segera temuan dan laporan yang disampaikan oleh saksi, Pengawas Pemilu Lapangan, peserta Pemilu, dan masyarakat pada hari pemungutan suara;  menjaga dan mengamankan keutuhan kotak suara setelah penghitungan suara dan setelah kotak suara disegel; membuat berita acara pemungutan dan penghitungan suara serta membuat sertifikat penghitungan suara dan wajib menyerahkannya kepada saksi peserta Pemilu, Pengawas Pemilu Lapangan, dan PPK melalui PPS.

Selain itu KPPS juga berkewajiban untuk menyerahkan hasil penghitungan suara kepada PPS dan Pengawas Pemilu Lapangan dan menyerahkan kotak suara tersegel yang berisi surat suara dan sertifikat hasil penghitungan suara kepada PPK melalui PPS pada hari yang sama.(Sihumas Polsek Kretek)
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger