Kapolres Bantul Hadiri Upacara Peringatan HUT Ke-78 Republik Indonesia

Senin, 21 Agustus 20230 komentar

 

Kapolres Bantul AKBP Michael R. Risakotta SH SIK mengikuti upacara peringatan HUT Ke-78 Republik Indonesia tahun 2023, Kamis (17/8/2023).

Upacara diselenggarakan di Lapangan Trirenggo Bantul, diikuti oleh seluruh elemen baik pelajar sekolah, perwakilan dari masing-masing instansi pemerintah serta berbagai organisasi kemasyarakatan, tokoh masyarakat, tokoh agama dan TNI Polri.

Upacara peringatan HUT ke-78 RI tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Bantul Abdul Halim Muslih. Tema peringatan tahun ini “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”.

Dalam amanatnya, Bupati Bantul membacakan sambutan dari Gubernur DIY, bahwa tujuh puluh delapan tahun yang lalu Soekarno-Hatta telah memproklamasikan kemerdekaan Indonesia ke seluruh penjuru dunia.

“Momentum Peringatan ke-78 Proklamasi Kemerdekaan RI, dengan tema Terus Melaju untuk Indonesia Maju dapat dimaknai sebagai semangat untuk menempuh perubahan ke arah yang lebih baik, dalam setiap dimensi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” katanya.

Berbagai perubahan yang terjadi, menurutnya, sebagai suatu keniscayaan. Selayaknya falsafah lir gumanti dan cakra manggilingan.

Oleh sebab itu, ke-Bhineka-an potensi energi bangsa harus dipupuk dan dikembangkan bersama agar menjadi kekuatan positif menuju kehidupan berbangsa dan bermasyarakat yang lebih sejahtera, berkeadilan, guyub rukun, dan aman damai.

“Suasana guyub-rukun dan kerja bersama membakar jiwa kebangsaan setiap pemimpin yang menyatu dengan rakyat, realita dari filosofi manunggaling kawula-gusti. Ketika itu pula cara berjuang yang ber-Pancasila mewujud nyata dalam semangat Bhineka Tunggal Ika yang digerakkan oleh pemimpin lintas etnik dan lintas agama yang membawa makna sejarah,” imbuhnya.

Merujuk pada tema peringatan tersebut, esensinya adalah akselerasi pembangunan. Sehingga menjadi tugas warga bangsa untuk melanjutkan gerakan pembangunan negara dengan aksi nyata yang progresif dan berkelanjutan.

“Dengan semangat Proklamasi, mari kita bangun NKRI dengan semangat akselerasi pembangunan menuju masyarakat yang gemah ripah loh jinawi, tata tentrem kerta raharja, dan Indonesia yang panjang dawa pocapane, punjung luhur kawibawane. Dirgahayu NKRI. Sekali merdeka, tetap merdeka, menuju Indonesia jaya,” tandasnya.

Sedangkan dalam kehadirannya mengikuti upacara tersebut, Kapolres Bantul nampak didampingi Bhayangkari, serta bersama-sama dengan jajaran Forkopimda Kabupaten Bantul dan Ketua DPRD Kabupaten Bantul.

Pada kesempatan itu, Kapolres mengatakan bahwa melalui momentum upacara peringatan HUT ke-78 Republik Indonesia pada 17 Agustus 2023 ini, mari kita tingkatkan rasa cinta tanah air, serta terus tanamkan jiwa nasionalisme, kejuangan terhadap bangsa Indonesia yang kita cintai ini.
Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger