PERAN DAN KIPRAH POLISI WANITA DI KABUPATEN BANTUL

Rabu, 29 Agustus 20120 komentar


Kapolres Bantul sebagai nara sumber dalam acara Taman Gabusan
Acara dimeriahkan dengan penampilan Polwan Polres Bantul
Dala rangka menyambut HUT Polwan ke 64 kemarin hari Selasa tanggal 28 Agustus 2012 pukul 08.00 wib Polres Bantul mengisi Program acara “Taman Gabusan” yang ditayangkan secara Live di TVRI Yogyakarta.  Dalam acara ini sebagai nara sumber adalah Kapolres Bantul AKBP Dra. Dewi Hartati yang di dampingi Kasat Binmas AKP Kusila dan Kasiwas Ipda Murtiningsih dengan dipandu pembawa acara dari TVRI. Untuk memeriahkan acara ini polres bantul juga menampilkan musik dari Group Bantul Bhayangkara Band Polres Bantul yang penyanyinya dibawakan oleh Polwan. Adapun yang hadir dalam acara ini adalah Kapolres Bantul, Kasat Binmas, Kasiwas, para perwira lainya dan seluruh Polwan Polres Bantul.

Foto bersama Kapolres Bantul setelah acara berakhir
Bicara kiprah polwan dalam pembentukan citra Polri gampang-gampang susah juga, kita tahu kebanyakan orang awam melihat pekerjaan Polri sangat dekat dengan resiko,  Ini sangat bertolak belakang dengan fitrah dasar seorang wanita yang "selalu ingin disayang, dilindungi dan penuh perasaan". Mampukah Polwan berperan maksimal dalam tugas kepolisian?.  Ternyata jawabnya sangat mampu. Dibuktikan dengan kenyataan dilapangan justru perbedaan gender ini tidak pernah menjadi hambatan dalam pelaksanaan tugas Kepolisian, bahkan saat ini sudah banyak Kepala Kepolisian yang dijabat oleh seorang wanita,  Jelas Kapolres Bantul ketika diwawancarai oleh pembawa acara.

Ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh seorang Polisi wanita, meskipun dalam rekruitment anggota Polisi, tidak ada perbedaan dalam seleksi namun justru menurut saya Polisi wanita lah yang punya "daya tarik lebih" dibandingkan laki-laki. (Ini bukan berarti karena yang mengatakan seorang perempuan lo :) . Di era saat ini tindakan Preventif / pencegahan harus menjadi prioritas dibandingkan dengan tindakan Represif. Tindakan Polri yang dulu sangat identik dengan kekerasan saat ini sudah berubah dan cenderung ke pemberdayaan potensi masyarakat. Dengan alasan ini Polwanlah yang lebih pas untuk memerankan tugas tersebut yang sesuai dengan fitrah dasar Wanitanya, Jelas Kapolres.

Adanya program Polmas atau pemolisian masyarakat, menjadi bukti bahwa saat ini Polri benar-benar mengedepankan metode tindakan preventif. Dengan menjalin kerjasama yang baik dalam masyarakat, diharapkan masyarakat bisa benar-benar menjadi "polisi bagi dirinya sendiri" yang tentunya akan membantu Polri dalam menciptakan situasi masyarakat yang aman.

Kembali kebahasan awal tentang kiprah Polwan dalam pembentukan citra Polri, menurut saya wanita justru mempunyai peran potensi yang lebih besar dibandingkan polisi laki-laki untuk meraih hati masyarakat ke arah yang lebih postif dalam arti pembentukan citra, karena karakter seperti "mempunyai daya tarik, cenderung bersikap lemah lembut, simpatik, feminim" lebih dipunyai oleh mereka kaum hawa ini, imbuhnya.

Sementara Kasat Binmas AKP Kusila juga menambahkan, saat ini Polwan Polres Bantul berkekuatan sebanyak 71 personil yang terdiri dari : Pamen berjumlah satu orang  (Kapolres Bantul), Pama 10 orang dan Bintara sebanyak 60 orang yang bertugas di Bag maupun Sat dan Polsek jajaran serta menempati semua unit dari Fungsi Kepolisian. Disamping tugas pokok Kepolisian, Polwan Polres Bantul juga melaksanakan kerjasama yang sinergis dengan Pemda Bantul dan lintas sektoral lainnya, jelasnya.

Terkait kiprah dalam rangka HUT Polwan ke 64 tahun 2012, Polwan Polres Bantul melaksanakan kegiatan yaitu Ceramah Psikologi dari Polda DIY, Binluh Narkoba kepada pelajar SMP dan SMA serta anjal dengan berkoordinasi dengan Hafara Bantul, Gaktur Lantas, Gaktib Polwan, Anjangsana / Bhakti Sosial kepada Tukang Becak, Lomba Ceramah Kamtibmas tingkat Polda, Tatap muka dengan Ibu Asuh Polwan dan Syukuran HUT Polwan ke 64, Imbuhnya.

Acara live berahir berakhir pada jam 21.00 Wib dengan ditutup dengan tampilan Group Bantul Bhayangkara Band Polres Bantul. Semoga HUT Polwan ke 64 yang jatuh pada tanggal 1 September 2012 berlangsung sukses dan selanjutnya Polwan semakin jaya dalam mengemban tugasnya.
Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger