KAPOLSEK PAJANGAN HADIRI PANEN RAYA SORGUM (CANTEL) OLEH BUPATI BANTULDI DUSUN KREBET PAJANGAN

Selasa, 18 Maret 20140 komentar



Kapolsek Pajangan AKP Sugeng Harsoyo menghadiri acara Panen Raya Sorgum (Cantel) oleh Bupati Bantul Hj. Sri Surya Widati dan Pembina Himpunan Kelompok Tani Kab. Bantul Drs. H. Muh. Idham Samawi (suami Bupati Bantul sekaligus Caleg DPR RI dari Partai PDI Perjuangan) yang diselenggarakan oleh Kelompok Tani Ngudi Karyo (Krebet Sendangsari) di Dk Krebet RT 02 Sendangsari Pajangan Bantul, Senin, 17 Maret 2014 jam 14.10 WIB.

Panitia dari Ketua Kelompok Tani Ngudi Karyo (Krebet Sendangsari), acara dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian Pemda DIY, Ketua Komisi B DPRD Kab. Bantul, Bpk Asek II Asisten Perekonomian dan  Pembangunan Dr. Drs. Suyoto, HS, MSi., MMA (Plt Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Kab. Bantul), Pimpinan SKPD (Satuan Kerja Pemerintah Daerah) se Kab. Bantul, Camat Pajangan Dra. Sri Kayatun, Lurah Sendangsari Muh. Irwan Susanto, ST, Caleg DPRD Kab. Bantul Partai PDI Perjuangan Ibu Siti Nur Afifah dan Bpk Anton Wahana, Caleg DPRD Kab. Bantul Partai Nasdem Bpk Sapta Sarosa, S.Psi dan kelompok tani se Kec. Pajangan jumlah ± 600 orang.

Pada Kesempatan tersebut Bupati Bantul mengatakan bahwa, Beliau sudah kesekian kali melakukan Panen Raya Sorgum, Beliau salut atas antusias dari masyarakat Kab. Bantul untuk menanam Sorgum dan hasilnya sangat bagus dan memuaskan. Sorgum dapat diolah menjadi Nasi dari Sorgum, Bak Mie dari Sorgum, Tempe, Kue, Dawet dan masih banyak lagi aneka makanan dari sorgum.

Lomba aneka ragam makanan dari sorgum di lombakan oleh Pemda Kab. Bantul. Sorgum dapat digunakan menjadi terigu dan batangnya dapat digunakan menjadi gula yang hasilnya lebih manis dari pada tebu serta ampasnya dapat digunakan untuk menjadi makanan ternak.

Beliau juga mengatakan Dirjen Pertanian Bpk. Hilman sewaktu panen sorgum di Dlingo, apabila Bantul dapat memanen sorgum 100 Ha akan dibuatkan pabrik, Bantul sampai saat ini sudah memanen sorgum ± 300 Ha. Harapan Beliau agar janji mendirikan pabrik sorgum  tersebut dapat direalisasikan sehingga masalah pemasaran hasil dari sorgum dapat diatasi.

Kab. Bantul menjadi tempat uji coba penanaman sorgum di Indonesia. Terakhir Beliau mengucapkan selamat kepada petani Sorgum Ngudi Karyo atas panen raya tersebut.

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan Bpk. Drs. H. Muh. Idham Samawi Penasehat Himpunan Kelompok Tani Kab. Bantul. Beliau pada kesempatan tersebut memperkenalkan Caleg DPRD Kab. Bantul Partai PDI Perjuangan Ibu Siti Nur Afifah dan Bpk Anton Wahana. Beliau berharap pada Pemerintahan ke depan masalah sebutan ketahanan pangan dirubah menjadi kedaulatan pangan, ketahanan pangan menurutnya yang penting bahan makanannya ada dan asalnya dari mana tidak dipermasalahkan, sedangkan kedaulatan pangan, bahan pangannya tersedia dan merupakan hasil dari putra-putri Bangsa Indonesia / produk dalam negeri dan tidak impor.

Beliau juga mengatakan apabila Negara Indonesia ingiN lebih baik maka Pemerintah kita harus berdaulat dibidang Politik, Mandiri di bidang Ekonomi dan berkepribadian serta berkebudayaan Indonesia.

Dari hasil panen raya sorgum dengan biaya modal Rp 4 juta per 1 Ha dapat menghasilkan uang Rp 16 juta, jadi untungnya Rp 12 juta di lahan yang marginal seperti ini. Beliau mengharapkan dari hasil keuntungannya agar ditabungkan di Bank sehingga aman dan dapat digunakan untuk membiayai anak-anaknya sekolah sehingga sumber daya manusia Indonesia menjadi lebih cerdas, berakhlak mulia dan berkepribadian Bangsa Indonesia serta mencintai Bangsa Indonesia.

Beliau mengharapkan pengolahan sumber daya alam Bangsa Indonesia diolah oleh putra-putri Bangsa Indonesia, mengurangi pengiriman TKI dan TKW keluar negeri, rakyat Indonesia harus bekerja di Negaranya sendiri. Beliau mengajak kepada seluruh masyarakat Pajangan, Bantul, Yogyakarta dan Indonesia untuk menjadikan Negara Indonesia yang lebih baik dan menjaga persatuan dan Kesatuan Bangsa Indonesia. Terakhir Beliau mengucapkan selamat kepada Kelompok Tani Ngudi Karyo dan kelompok tani Pajangan atas panen raya sorgumnya.

Setelah menyampaikan sambutannya kemudian dilanjutkan dengan panen raya secara simbolis yang dilakukan oleh Bupati Bantul, Bpk. Drs. H. Idham Samawi  dan undangan yang hadir. Untuk memeriahkan acara kelompok tani Ngudi karyo menyuguhkan pentas Jathilan dari kelompok Bekso Kudho Mataram dari Krebet Sendangsari Pajangan.

Hingga berakhirnya panen raya sorgum oleh Bupati Bantul di Krebet Sendangsari Pajangan, situasi dalam keadaan aman kondusif. (Sihumas Pajangan)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger