PENILAIAN LOMBA POKDARWIS DESA WISATA KAMPOENG SANTAN TINGKAT PEMDA DIY

Senin, 17 Maret 20141komentar




Rabu, 12 Maret 2014 jam 15.30 WIB, Kanit Binmas Polsek Pajangan Ipda Muh. Sugeng bersama bhabinkamtibmas Desa Guwosari Brigpol Supri Handono, SH menghadiri acara penilaian Lomba Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) DIY Tahun 2014 bertempat di Pendopo Kabasyran, Desa Wisata Kampoeng Santan Dk Santan RT 03 Guwosari Pajangan Bantul.

Acara dihadiri oleh Kasiekbang Kec. Pajangan Budi Suryono, S.Sos, Kepala Desa Guwosari H. Muh. Suharto, Kepala Dukuh Santan Bpk. Mudakir, Babinsa Guwosari Serka Achmad Solikin, Ketua Panitia Subhan Nur Taufik, Sekretaris Nur Hidayat dan pengurus Pokdarwis Kampoeng Santan serta masyarakat Santan ± 30 orang.

Tim juri yang yang ditunjuk oleh Dinas Pariwisata DIY untuk menilai lomba ini adalah Drs. Joko Untoro (ASITA), Drs. Joko Purwanggono (HPI), Drs. Octo Lampito (Pimpinan Redaksi Kedaulatan Rakyat), Endri (Puspar UGM) dan Doto (Forkom Desa Wisata DIY).

Pada kesempatanya Ketua Kelompok Kampoeng Wisata Santan Nur Taufiq dalam kesempatanya memaparkan gambaran Kampoeng Wisata Santan yang mengembangkan potensi lokalnya dimana terdapat wisata kuliner, wisata kerajinan tempurung bathok kelapa dan hasil usaha kecil.

Dalam paparanya ketua kelaompok menyampaikan bahwa Kampoeng wisata Santan pernah dikunjungi oleh BNNP DIY dan akan mengadakan kerjasama rehabilitasi ketergantungan narkotika dengan memberikan keterampilan kerajinan bathok kelapa.

Kampoeng wisata Santan sudah mempunyai home stay ala kadarnya sehingga memudahkan para wisatawan untuk mencari tempat menginap dan ia juga mengatakan bahwa untuk tahun ini Kampoeng wisata Santan akan mengekspor hasil kerajinannya ke Eropa.

Dari Tim Juri Bapak Joko menyampaikan bahwa Tim penilai ini akan menilai manajemen kelompok, tugas pokok dan fungsi masing-masing anggota kelompok dalam Struktur Pokdarwis, lokasi potensi Pokdarwis dan apa yang sudah dirasakan oleh masyarakat Kompoeng wisata Santan.

Drs. Joko Purwanggono  pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa keberhasilan suatu Desa Wisata adalah dari Pokdarwisnya, kesadaran Pariwisata adalah pengamalan Sapta Pesona Pariwisata.

Pokdarwis adalah lembaga penasehat dan Desa Wisata itu yang melaksanakan, program dibidang kebersihan yang melaksanakan siapa, penanggung jawabnya siapa, tujuannya apa, aksinya apa dan hasilnya apa menurutnya itu yang harus dilakukan oleh Pokdarwis.

Kasihumas Polsek Pajangan Aiptu Sunarto yang pada waktu meliput kegiatan ini menjelaskan, Lomba Pokdarwis ini diadakan oleh Dinas Pariwisata Propinsi DIY.  Lomba pokdarwis ini diikuti oleh 4 kabupaten dan 1 kota di wilayah propinsi DIY, yaitu Kabupaten Sleman, Kabupaten Bantul, Kabupaten Gunungkidul, Kabupaten Kulonprogo dan Kota Yogyakarta.

Untuk Kab Bantul kelompok sadar wisata yang diajukan yaitu 1. Pokdarwis Cerme Asri, Selopamioro, Imogiri, 2. Pokdarwis Surocolo, SEloharjo, Pundong, 3. Pokdarwis Pantai baru, Poncosari, Srandakan dan 3. Pokdarwis Kampung Wisata Santan, Guwosari, Pajangan.  (Sihumas Pajangan)


Share this article :

+ komentar + 1 komentar

8 Mei 2014 pukul 09.11

Kampung Wisata Santan Guwosari Pajangan (Fb. Kampoeng Wisata Santan) memiliki, Kerajinan Bathok Kelapa (Cumplung Aji Craft), tas bathik, souvenir, wisata kesian dan budaya serta wisata Kuliner Mbok Cempluk.

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger