RAPAT PLENO REKAPITULASI SUARA PILPRES DI TINGKAT PPK PANDAK BERJALAN DENGAN AMAN

Senin, 14 Juli 20140 komentar



Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pandak menggelar rapat pleno terbuka Pemilihan Umum (Pemilu) Presiden dan Wakil Presiden 2014, Minggu, 13 Juli 2014 pukul 16.00 Wib di Pendopo Kecamatan Pandak, Kabupaten Bantul.

Rapat Pleno Rekapitulasi itu dihadiri oleh Camat Pandak,  Drs. Agus Sulistiyono, MM, Danramil Pandak, Kapt. Inf. Diya S., Kapolsek Pandak, AKP Paimun, SH, Panwascam Pandak, Mujono, Ketua PPK Pandak, Siswantara, SIP beserta anggotanya, PPS se-Kecamatan Pandak, serta saksi kedua pasangan Capres dan Cawapres.

Camat Pandak,  Drs. Agus Sulistiyono, MM mengungkapkan rasa terima kasih terhadap penyelenggara pilpres yang telah menjalankan tugasnya dengan baik, sehingga hingga saat ini situasi Kecamatan Pandak pasca pemungutan suara tetap kondusif.

“Saya selaku Camat Pandak, menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya terhadap penyelenggara Pilpres di wilayah Pandak ini yaitu kepada KPPS, PPS, PPK, dan Panwas se-Kecamatan Pandak yang telah mengawal dan menjalankan tugasnya dengan baik dalam perhelatan akbar lima tahunan ini. Tak lupa juga saya ucapan terima kasih kepada TNI dan Polri yang telah mengawal seluruh perjalanan dan tahapan pilpres di wilayah Pandak ini,” kata Camat Pandak saat mengawali sambutannya.

Sementara itu, Kapolsek Pandak, AKP Paimun, SH yang diberikan kesempatan untuk memberikan sambutan, menghimbau kepada kedua belah pihak pendukung capres dan cawapres untuk saling menahan diri serta sabar dalam menunggu hasil pemenang secara nasional. Kapolsek menjelaskan bahwa penghitungan suara yang diakui oleh Undang-undang adalah perhitungan yang dilakukan oleh penyelenggara pemilu, yaitu mulai dari KPPS, PPS, PPK hingga KPU mulai dari kabupaten, propinsi hingga KPU Pusat. Kapolsek juga meminta agar warga masyarakat tidak mudah terprovokasi oleh pihak-pihak yang ingin memecah belah persatuan Bangsa Indonesia.

“Siapapun yang menang dalam pilpres 2014 ini, adalah kemenangan rakyat Indonesia. Maka dari itu dihimbau kepada para pendukung capres dan cawapres kedua belah pihak bisa menahan diri dan sabar menunggu hasil resmi dari KPU secara nasional. Presiden baru, harapan baru buat Indonesia,” tegas Kapolsek.
Ketua PPK Pandak, Siswantara, SIP dalam rapat pleno mengatakan bahwa pelaksanaan rapat pleno dilakukan sebagai tahapan Pilpres 2014, setelah sebelumnya dilakukan pemungutan suara pada 9 Juli dan rekapitulasi suara di PPK, dimulai pada tanggal 10 sampai dengan 12  Juli kemarin. Berdasarkan jadwal dari KPU, tahapan rekapitulasi suara ditingkat PPK adalah tanggal 13 sampai dengan 15 Juli 2014.

Ketua PPK Pandak juga menjelaskan bahwa proses penghitungan surat suara dilaksanakan di tingkat Kelompok Panita Pemungutan Suara (KPPS), kemudian dilakukan rekapitulasi melalui sidang pleno terbuka di tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS) atau desa. Dan dilanjutkan dengan rekapitulasi di kecamatan melalui sidang pleno terbuka yang dibacakan PPS dengan disaksikan saksi dari Capres dan Cawapres dan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam).

Pada pukul 17.00 Wib hasil rekapitulasi perolehan suara tingkat PPK Pandak dalam Pemilu Presiden dan Wakil Presiden tahun 2014 selesai dibacakan oleh Ketua PPK Pandak. Hasil rekapitulasi perolehan suara tingkat PPK secara keseluruhan diperoleh dari penggabungan jumlah suara yang masuk dari 4 PPS yang ada di Pandak. Setelah acara pembacaan hasil rekapitulasi suara, Ketua PPK mempersilakan kepada Panwascam dan para saksi dari kedua pasangan untuk mengajukan keberatan apabila terdapat kekeliruan data yang disajikan oleh pihak PPK Kec. Pandak. Setelah beberapa saat tidak ada pihak  yang mengajukan keberatan, rapat pleno rekapitulasi perolehan suara tingkat PPK Kec. Pandak  dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara oleh para saksi. Dengan ditandatanganinya berita cara oleh para saksi maka rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara tingkat PPK Kec. Pandak dinyatakan selesai.

Dari pantauan Brigpol S. Pujiwantoro, SH dilapangan, proses pelaksanaan rekapitulasi suara dari 132 TPS dan dari 4 desa yang ada di Kecamatan Pandak itu berjalan dengan lancar dan sukses sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan oleh KPU, serta diterima oleh semua pihak dengan asas pemilu yang jujur dan adil. Rapat pleno rekapitulasi perolehan suara pilpres juga dijaga sejumlah anggota kepolisian dari Polsek Pandak dan TNI dari Koramil Pandak guna megantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. (Sihumas Pandak)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger