PENGAJIAN BERSAMA CAK NUN DALAM RANGKA PERESMIAN MASJID AL HIKMAH DUSUN JATEN PAJANGAN

Jumat, 24 Oktober 20140 komentar



Personil Polsek Pajangan mengamankan jalanya pengajian dalam rangka peresmian Masjid Al Hikmah di dusun Jaten Sendangsari Pajangan Bantul, Selasa 21 Oktober 2014 jam 20.00 Wib.

Sebagai penceramah dalam pengajian adalah Emha Ainun Najib (Cak Nun) dan Kiyai Kanjeng dengan mengambil tema “Ngregengake Masjid kanggo Ngayuh Urip Kan Tumoto” (Meramaikan Masjid untuk hidup yang lebih tertata) dan dihadiri oleh Camat Pajangan Dra. Sri Kayatun, Kapolsek Pajangan AKP Riwanta, Danramil Pajangan Kapten Waluyo, Syahril Sidiq, S.Pd.I dari KUA Pajangan, Lurah Sendangsari Muh. Irawan Susanto, ST, Lurah Guwosari h. Muh. Suharto, Ketua Panitia Miskidjo, S.IP dan Bpk. Joko dari Mangir. Ikut dalam rombongan Cak Nun, pelatih U-19 Indra Sjafri, Kiyai Muzamil dari Kretek Bantul dan ± 2000 jamaah.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu-lagu islami dari Yayasan anak-anak cacat Bina Siwi Sendangsari Pajangan. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat-ayat suci Al Qur’an dan dilanjutkan dengan sambutan dari Lurah Sendangsari. Muh. Irwan Susanto.
Dalam sambutanya lurah Sendangsari berpesan kepada warga masyarakat Dusun Jaten agar senantiasa menjaga dan merawat Masjid Al Hikmah yang telah dibangun dengan penuh pengorbanan dari warga masyarakat Dusun Jaten. Selanjutnya beliau mengajak untuk menyimak pengajian Cak Nun hingga selesai.

Dalam tauziahnya, Cak Nun menyampaikan bangsa Indonesia terdiri dari berbagai suku bangsa, dan dengan adanya suku bangsa yang beragam kita harus bersatu, menghargai sesama suku bangsa Indonesia yang Bhineka Tunggal Ika. Manusia tidak pernah punya kemampuan berbuat baik tanpa dikawal oleh Allah Swt dan untuk berbuat salah manusia pasti bisa, seperti permainan bola, setiap manusia menendang bola pasti melenceng dan tidak masuk ke gawang.

Masjid merupakan tempat bersujud formal akan tetapi dimanapun kita berada harus bersujud kepada Allah dengan bertaqwa kepada Allah Swt. Segala Ibadah dan perbuatan di jalan Allah harus diniatkan untuk Allah tidak boleh untuk lainnya.

Acara pengajian Cak Nun berakhir pada jam 23.00 Wib selanjutnya beliau berangkat ke Jombang karena adiknya meninggal dunia. Pengajian dilanjutkan oleh Kiyai Muzamil dari Kretek yang menyampaikan syukur alhamdulillah bahwa Masjid Al Hikmah dari hasil dari gotong royong masyarakat kita Khusunya Jaten telah diresmikan.

Masjid merupakan basis aktivitaas dalam membangun kehidupan. Bahkan baik buruknya sebuah masyarakat muslim diukur oleh sejauh mana aktivitas mereka dalam mengelola masjid sebagai tempat beribadah kepada Allah secara langung. Sekaligus tempat berinteraksi dengan sesama muslim, dalam merumuskan solusi berbagai persoalan, baik yang berhubungan dengan masalah pribadi, keluarga, masyarakat, bangsa dan Negara. Atau juga persoalan yang berhubungan dengan ibadah secara khusus ataupun secara umum, menyangkut kehidupan dunia akhirat. (Sihumas Pajangan)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger