Sekitar 150-an
siswa-siswi dari "TK Baik" Krapyak Kulon, Sewon, Bantul mengunjungi Polres
Bantul, Kamis, 12 Maret 2015 pukul 09.00 Wib.
Kunjungan ini dalam rangka
program Polisi Sahabat Anak yang digagas oleh Unit Dikyasa Sat Lantas Polres
Bantul. Tujuan dari pelaksanaan giat ini adalah memberikan pembelajaran tentang
tata cara berlalu lintas yang baik sejak usia dini serta menanamkan kecintaan
kepada polisi.
Para siswa tersebut
diajak belajar sambil bermain mengenal tatatertib berlalulintas sejak dini dan
mengenal sosok polisi beserta tugas mulianya.
Nampak wajah sumringah para
siswa ketika bertemu dengan sejumlah petugas Polres Bantul yang menyambut
kedatangan mereka. Keakraban antara anak-anak juga terlihat jelas, saat petugas
Unit Dikyasa Sat Lantas Polres Bantul mengajak anak-anak memasuki perkantoran
Mapolres Bantul untuk dikenalkan ruangan-ruangan yang ada beserta fungsinya,
seperti kantor Sat Reskrim, Intelkam, Sabhara, Lantas, ruangan pelayanan
pembuatan SIM, SKCK dan lain-lainya. Selain itu petugas juga mengenalkan
kendaraan dinas yang dimiliki Polres Bantul kepada anak-anak, seperti motor
patwal, mobil quick respons dan kendaraan taktis.
Anak-anak kemudian
diajak berkumpul di serambi Masjid Baitun Ni’mah Polres Bantul untuk diajarkan
dan diperkenalkan rambu-rambu lalu lintas dan tata cara berlalu lintas yang
baik dan benar. Anak-anak juga diperkenalkan gerakan pengaturan lalu lintas
yang diperagakan oleh Kakak-Kakak Polwan yang baru selesai melaksanakan pendidikan. Selain itu, Kakak-Kakak Polwan juga mengajarkan anak-anak
yel-yel pelopor keselamatan berlalu lintas. Yakni dengan mengacungkan jari
telunjuk yang artinya saya, menepuk dada yang artinya pelopor, menyilangkan
kedua tangan di dada artinya keselamatan dan mengepalkan kedua tangan ke depan
artinya kendaraan.
Kegiatan kunjungan dari
siswa-siswi TK Baik di Polres Bantul berakhir pada pukul 10.00 Wib. Setelah selesai
melaksanakan kunjungannya, para siswa meninggalkan Polres Bantul untuk kembali
ke sekolahnya. (Bag Humas Res Bantul)
Posting Komentar