Anda tentunya
sudah tidak asing dengan keadaan kehilangan kendali (handling) pada mobil saat
melaju, ada 2 macam istilah pada loss handling ini yakni:
1.
Understeer : merupakan kehilangan kendali yang disebabkan oleh berkurangnya
daya cengkram ban depan, kita bisa merasakan understeer ini ketika kemudi sulit
dikendalikan (tidak sesuai keinginan kita) atau sering dikatakan slip ban
depan.
Kecenderungan
mobil akan berjalan lurus meskipun sudah kita belokkan, penyebabnya
bermacam-macam mulai kecepatan, kondisi jalan atau pada tikungan. Understeer
ini akan sangat berbahaya saat pengemudi panik sehingga bukan malah
mengendalikan mobil tapi malah tidak bisa mengendalikan mobil akibat kepanikan
atau konsentrasi yang terganggu.
Understeer
Oversteer
2.
Oversteer: adalah kehilangan kendali mobil yang disebabkan oleh ban belakang
yang mengalami kekurangan daya cengkram ke aspal (kebalikan Oversteer), pada
oversteer ini mobil mengalami kecenderungan berbelok (ban belakang melintir),
jika hal ini yang terjadi mobil akan berbelok tetapi arahnya tidak bisa kita tentukan
yang mana sangat berbahaya jika berbelok ke tempat yang berbahaya misalnya ke
kanan atau ke jurang. Hal ini akan semakin berbahaya jika pengemudi panik dan
salah mengantisipasi.
Saat terjadi
Understeer
Jika anda mengalami
kehilangan kendali (daya cengkram ban) bagian depan maka terbaik dilakukan
adalah:
1. Segera
perlambat laju mobil sampai daya cengkram ban depan pulih
2. Jangan
memutar setir lagi (menambah putaran setir), hal ini akan semakin menyebabkan
mobil understeer
3. Gas mobil
dikurangi pelan atau gradual
4. Putaran
stir dikurangi
Saat terjadi
Oversteer
Jika terjadi
oversteer maka yang tips (cara mengatasi) yang bisa dilakukan pengemudi adalah:
1. Jangan
menambah rem
2. Posisi
tangan jangan sampai terlepas dari setir (untuk mengendalikan)
3.
Persiapkan "Countersteer" membalas belokan akan tetapi tidak membalas
dengan berlebihan
4. Untuk
mobil berpenggerak roda belakang, kurangi tekanan pedal gas
5. untuk
mobil penggerak roda depan, pengemudi bisa menambah gas secukupnya
6. Arahkan
fokus mata pada titik yang di tuju
7. yang
terakhir bersiaplah mengembalikan posisi setir ke jalur semula.
Posting Komentar