SOSIALISASI FLOAT TENTANG PENYELUNDUPAN MANUSIA POLRES BANTUL

Jumat, 21 September 20120 komentar



Kapolres Bantul memberikan sambutanya dengan didampingi Nara Sumber
Muspida Bantul, Pejabat Polres Bantul dan Para peserta kegiatan sosialisasi
Bertempat di Ruang pertemuan Hotel Ros In Sewon Bantul, Jumat, 21 September 2012 pukul 08.00 wib Kapolres Bantul AKBP Dra. Dewi Hartati membuka secara resmi sosialisasi peningkatan wawasan kepemimpinan Polri tentang penyelundupan manusia dan upaya penanggulanganya. Kegiatan ini dilaksanakan oleh IOM dengan dukungan pendanaan dari pemerintah Kanada. Adapun yang hadir adalah direktur jajaran Baharkam Polri, Para pejabat Polres Bantul, Chief of mision of IOM, Muspida Bantul dan para peserta sosialisasi  yaitu anggota Polres Bantul dan perwakilan instansi terkait.

Kegiatan menghadirkan nara sumber AKBP Kharun BA (Kabag Bin Ops Airud), Bpk. Palung Widjadja (departemen imigrasi), Bpk. Nabil (IOM) dan AKP Kusilah, SH (Kasat Binmas Polres Bantul) sedangkan materi yang diberikan adalah Masalah penyelundupan manusia bagaian dari kejahatan transnasional,  penanganan kasus penyelundupan manusia dan imigran illegal, imigran dalam penanganan kasus penyelundupan manusia dan peran IOM dalam membantu pemerintah menangani penyelundupan manusia.

Sambutan Kapolres Bantul dalam kesempatanya mengatakan yang intinya, wilayah hukum Polda DIY merupakan wilayah yang dibatasi samudera Indonesia yang merupakan jalur lalulintas laut internasional yang rawan sebagai jalur pengiriman imigran ilegal maupun perdagangan manusia dengan tujuan Australia, hal ini terbukti pada tahun 2010 terjadi 1 kali kasus penyelundupan manusia sebanyak 74 orang yang berkebangsaan Afganistan dan Iran yang akan dikirim ke Australia, mereka ditangkap di pantai Gesing Panggang Gunungkidul. Kasus tersebut menimbulkan dampak yang signifikan terhadap aspek aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dan berdampak menimbulkan ganguan terhadap aspek idiolodi, politik, sosial budaya dan keamanan. Selain itu tidak menutup kemungkinan disertai dengan kejahatan transnasional lainya seperti penyelundupan narkotika, senjata api, teroris dan lain lainya, Kata Kapolres.

Lanjutnya, oleh karena itu untuk menangulanginya diperlukan kerjasama yang sinergis antara Polri dengan instansi yang berwenang dan seluruh masyarakat secara terpadu dan berkesinambungan untuk menyamakan persepsi dan interpretasi tentang dampak penyelundupan dan penangananya manusia serta bagaimana mengantisipasi dan menangulanginya. Maka kegiatan sosialisasi ini dimaksudkan untuk memberikan pedoman tentang langkah langkah yang perlu diambil dalam menghadapi kejahatan dan berbagai kasus yang berhubungan dengan perdagangan dan penyelundupan manusia yang mungkin terjadi diwilayah hukum Polda DIY , lanjutnya.

Kapolres Bantul mengharap kegiatan ini dapat memberikan Output maupun outcome berupa pemahaman wawasan dan keterampilan yang diperlukan untuk selanjutnya menjadi modal dalam melakukan langkah langkah komprehensif bagi setiap instansi dan aparat terkait dalam mengantisipasi dan menanggulangi kejahatan imigran ilegal dan perdagangan manusia. 

Kapolres menilai kegiatan ini sangat tepat untuk dilaksanakan mengingat relevansinya dengan kepentingan nasional dan dengan tugas pokok Polri  maupun dengan grand strategi Polri tahun 2005- 2025 dengan berbagai program kegiatan yang telah ditetapkan. 

Sebelum menutup sambutanya Kapolres menekankan khususnya kepada peserta Polri agar serius mengikuti sosialisasi dan jadikan forum bertanya serta pahami arahan nara sumber sebagai petunjuk dalam menanganinya sehingga sesuai peraturan perundang undangan dan tetap menjunjung tinggi HAM. Hasil kegiatan sosialisasi segera dijabarkan maupun dilaksanakan  diwilayah masing masing dengan melakukan koordinasi dan kerjasama dengan instansi terkait agar penanganannya dilakukan secara komprehensif dan integal.

Sedangkan untuk para peserta diluar Polri Kapolres barharap kegiatan ini dapat menambah wawasan, menyamakan persepsi dan menjadikan langkah awal terbangunya kerjasama dan koordinasi lebih lanjut secara sinergis dan berkelanjutan, tutup Kapolres Bantul. 

Selanjutya kegiatan sosialisasi dilaksanakan dan sebelum ditutup diadakan sesi tanya jawab. Kegiatan berjalan dengan lancar dan berahir pada jam 16.00 wib dengan aman dan tertib.
Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger